RABU , 17 JANUARI 2018

Persakmi Sulsel Latih SDM Puskesmas

Reporter:

Editor:

Sofyan Basri

Jumat , 20 Oktober 2017 21:57
Persakmi Sulsel Latih SDM Puskesmas

Ketua Persakmi Sulsel, Sukri Palutturi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Perhimpunan Sarjana Kesehatan Masyarakat Indonesia (Persakmi) Sulsel menggelar Pelatihan Nasional Manajemen dan Kepemimpinan Puskesmas, di Hotel Jolin Makassar. Kegiatan tersebut akan berlangsung selama tiga hari yakni tanggal 20-22 Oktober 2017.

Ketua Persakmi Sulsel, Sukri Palutturi mengatakan tujuan dari pelatihan adalah untuk meningkatkan kapasitas peserta dalam memanage dan memimpin Puskesmas sehingga mampu memberikan solusi berbagai masalah yang berkaitan dengan Puskesmas.

“Persakmi berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas seluruh tenaga kesehatan masyarakat, makanya pelatihan ini juga menjadi program kita di Persakmi,” kata Sukri, Jumat (20/10).

Guru besar Fakulatas Kesehatan Mahasiswa (FKM) Unhas, menambahkan mestinya orang kesehatan tidak bangga jika banyak pasien yang datang ke Puskesmas melakukan pengobatan dari waktu ke waktu.

“Kadangkala kita mengatakan Indonesia sehat tetapi prakteknya yang dilakukan adalah Indonesia sakit. Indonesia sehat itu cirinya adalah proaktif, jadi jangan menunggu orang sakit di Puskesmas. Mestinya yang dilakukan adalah melakukan upaya yang membuat orang untuk tidak jatuh sakit,” jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan tersebut dihadiri sekitar 45 orang, yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Antara lain Papua, Aceh, Riau, Lampung, Mojekorto, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat dan juga peserta yang berasal dari kabupaten/kota di Sulawesi Selatan yakni Selayar, Sinjai, Jeneponto, Toraja, Toraja Utara. (*)


div>