KAMIS , 26 APRIL 2018

Persiapan UNBK Sudah 90 Persen

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Selasa , 27 Maret 2018 11:45
Persiapan UNBK Sudah 90 Persen

Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto memantau Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMP Athirah, Jl Kajolalido, Makassar, beberapa waktu lalu. foto: asep/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar melalui Dinas Pendidikan (Disdik) menyebut persiapan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) untuk seluruh siswa SMP Negeri/Sederajat di Kota Makassar sudah 90 persen. Bahkan simulasi kegiatan telah dilakukan tiga kali.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Mukhtar Tahir mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait.

“Kemarin kita sudah bahas semua persiapan jelang UNBK, In sya Allah kita siap laksanakan,” ujar Mukhtar Tahir, Senin (26/3) kemarin.

Ia mengatakan bahwa pihaknya masih terus memantau persiapan diseluruh sekolah termasuk berkoordinasi dengan pihak PLN untuk menjaga pasokan listrik pada 23 April 2018 mendatang. “Tentu kita bersurat ke PLN agar tidak ada masalah dan menjamin agar suplai listrik tidak terganggu,” kata Utta, sapaan Mukhtar Tahir.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembelajaran SD dan SMP Syarifuddin mengatakan bahwa 23.609 siswa siap mengikuti UNBK tingkat SMP dan sederajat. “Termasuk SMP di pulau, kita ikutkan UNBK dan kita tempatkan ujian di SMK 4,” ujar Syarifuddin.

Ia mengatakan, Makassar menjadi salah satu kota terbaik dalam pelaksanaan UNBK bersama Kota Surabaya di Indonesia Timur. Pasalnya seluruh SMP sudah menerapkan UNBK.

“Jadwal untuk UNBK SMP dilaksanakan 23 April sampai 26 April dan itu serentak dan sebelum UNBK dilakukan ujian sekolah juga menggunakan komputer kecuali di SMP di pulau yang masih gunakan paper tes,” kata Syarifuddin.

Ia menjelaskan, mata pelajaran yang akan diberikan kepada 23.609 siswa SMP untuk UNBK yakni IPA, Matematika, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, sementara untuk USBNK yakni IPS, PKN dan Agama serta tambahan dari UNBK. (*)


div>