SENIN , 17 DESEMBER 2018

Persoalan DPT Bayangi Pilkada Serentak

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Senin , 18 September 2017 11:45
Persoalan DPT Bayangi Pilkada Serentak

ilustrasi. (ist)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Meski sistem dan mekanisme penetapan Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4)  menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah di buat berlapis-lapis tahapannya, toh tetap saja  masalah DPT adalah persoalan paling banyak digugat ke Mahkaman Konstitusi (MK), olehnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus serius dalam memperbaiki data pemilih pada pilkada serentak 2018.

Antara KPU dan Pemerintah kerap saling lempar tanggung jawab soal amburadulnya DPT, kerap KPU menuding bahwa akar masalahnya adalah DP4 dari Pemerintah yang tidak pernah akurat, sehingga KPU juga terkena imbasnya saat melakukan pemutakhiran.

Adapun permasalahan DPT yang masih sering terjadi, yakni pemilih ganda, masih ditemukannya pemilih yang sudah meninggal hingga masih banyak orang  pemilih yang tidak bisa ditemukan orangnya.

Komisoner KPU Sulsel Mardiana Rusli mengatakan, saat ini pihaknya dengan seluruh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di 24 kab/kota melakukan pertemuan untuk menyamakan pikiran, sebelum pelaksanaan Pemilihan Kepada Daerah (pilkada) serentak 2018 mendatang.

“Saat ini kita membuat kerangka, penyamaan pikiran pemutakhiran data Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014, Pilkada 2015 dan 2017. Ini akan menjadi kerangka kerja kedepan, walau sudah ada tahapan,” kata Mardiana Rusli, Minggu (17/9) kemarin.

Sebelum ditetapkan menjadi DPT, pihaknya tinggal menunggu KPU RI, karena DP4 yang mengeluarkan hanya Menteri Dalam Negeri (Mendagri).  “Masalah pemutahiran DP4. rananya ada Mendagri, ke KPU RI, dan itu pada bulan November,” ujarnya.

Mardiana melanjutkan, untuk dijadikan untuk dijadikan DPT, nantinya KPU RI melakukan singkronisasi sebelum diserahkan ke KPU Provinsi. “KPU RI melakukan singkronisasi DP4 yang diserahkan dengan data pemilihan terakhir, Pilpers 2014, dan Pilkada 2015, 2017 kemudian diturunkan ke KPU Daerah,” ucapnya.


div>