JUMAT , 16 NOVEMBER 2018

Pertamina Gandeng Unhas dan TSM Hadirkan UKM Galery

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Minggu , 06 Agustus 2017 12:31

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM — Mewujudkan kepedulian akan pengembangan potensi Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Sulawesi Selatan, PT Pertamina menggandeng Universitas Hasanuddin (UNHAS), dan Trans Stuido Mall (TSM) Makassar menghadirkan Pertamina UKM Center, berlokasi di basement Trans Studio Mall, Jl Metro Tanjung Bunga, Jumat (4/8).

Di peresmian ini, turut pula hadir General Manager PT Pertamina (Persero) MOR VII, Joko Pitoyo, Perwakilan dari Unhas, Mardiana E Fachri, General Manager TSM Makassar, Imelda Christiana, Kepala Dinas Penanaman Modal Provinsi Sulsel, A M Yamin, dan Putri Indonesia, Nur Fitriyani.

GM PT Pertamina (Persero) MOR VII, Joko Pitoyo mengatakan kehadiran Pertamina UKM Center ini, bertujuan untuk mengejspose para pelaku UKM di Sulawesi sehingga dapat langsung berinteraksi dengan para customer, khususnya pengunjung Trans Studio Makassar.

“Pertamina UKM Center juga menjadi salah satu destinasi belanja kerajinan lokal bagi para wisatawan yang berkunjung ke Makassar. Disamping itu juga ini merupakan salah satu program yang dilakukan kemitraan membantu UKM dengan mendapatkan modal kerja sebagai mitra kerja,” sebutnya saat sambutan di TSM Makassar, Jumat (4/8).

Disamping itu, kata Joko Pertamina juga membekali pelatihan kepada pelaku UKM dan mendapat menampilkan produknya dengan skala lokal, nasional hingga ke Internasional.

“Mereka diberi bekal saat dilakukan pelatihan. Berkat kerjasama ini juga, bisa ekspose pelaku UKM di Sulsel dan memberikan potensi besar,” terangnya.

Galeri UKM Pertamina ini dibuka selama 5 bulan ke depan hingga bulan Desember 2017 mendatang, dengan menampilkan 35 mitra binaan Pertamina, Unhas dan TSM Makassar.

Ada berbagai macam UKM yang dihadirkan oleh Pertamina UKM Center diantaranya Tedongsimpo Toraja, Arenga Cendana, Biovidus 99, Bulan Bintang, Official/call center UPKB Unhas, Careppe, Coklat Celebes, Digital Design, Ehsamiaa Selai, Kaluku.id, Kopi Toraja Lepong Bulan, La Guna Bee, Manik-manik Annie Weaving Galery, O’Cea, dan Potions.

“Peserta galeri UKM memiliki program ciri khas, kerajinan kulit, limba plastik dan kerajinan Sulawesi Tenggara dapat menjadi salah satu belanja khas. Hal ini juga merupakan mendukung perkembangan karya dari daerah masing-masing,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, kedepannya akan dilaksanakan Talkshow dan kunjungan ke sekolah-sekolah serta pencatatan keuangan. “Mudah-mudahan kedepannya bisa memberi kontribusi besar lagi kemandirian Sulawesi Selatan,” paparnya.

[NEXT-RASUL]

Sementara itu, GM Trans Studio Mall (TSM) Makassar, Imelda Christiana mengaku bahwa Pertamina UKM Center ini pertama kali di Makassar. Kegiatan ini juga merupakan dukungan program pemerintah untuk membantu pelaku UKM dab UMKM.

“Ini juga tugas kami bisa bantu program pemerintah. Dan kedepannya ada beberapa program, seperti tenant kegiatan budaya dan seminar,” imbuhnya.

Imelda berharap bantuan program pemerintah ini bisa berkembang ke depannya. (Rrs)


Tag
div>