MINGGU , 18 NOVEMBER 2018

Pertamina Salurkan Bantuan Rp 4,4 Miliar

Reporter:

Editor:

Lukman

Selasa , 25 April 2017 23:48
Pertamina Salurkan Bantuan Rp 4,4 Miliar

Peresmian kampung saftey Pertamina Kelurahan Patingaloang, Makassar.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – PT Pertamina (Persero) MOR VII Sulawesi Selatan berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui Program Kemitraan dan Bina Lingkungan dengan menyalurkan bantuan sebesar Rp 4,4 Miliar untuk wilayah Sulawesi Selatan.

Hal tersebut diungkapkan General Manager Marketing PT Pertamina (Persero) MOR VII Sulawesi, Joko Pitoyo, Selasa (25/4). Ia mengatakan, dana yang tersebut untuk membantu Usaha Kecil Menengah (UKM) dan pembangunan yang berbasis pemeliharaan lingkungan.

“Kami sudah berkomitmen membantu masyarakat dengan menyalurkan dana bantuan sebesar Rp 4,4 Miliar untuk wilayah se-Sulsel, sedangkan Makassar sebesar Rp 1,6 Miliar,” kata Joko.

Ia menjelaskan, Pertamina Terminal BBM Makassar berinisiatif membuat kelurahan percontohan berbasis partisipasi masyarakat melalui program CSR Kampung Safety Pertamina.

“Melalui program ini seluruh warga wajib mengedepankan aspek safety dalam kehidupan sehari hari dan juga tanggap dalam menanggulangi bencana seperti insiden kebakaran,” ujarnya.

Kata dia, kegiatan ini salah satunya dilatarbelakangi oleh data Dinas Pemadam Kebakaran kota Makassar, bahwa selama bulan Januari sampai Maret 2017, telah terjadi 32 kali insiden kebakaran yang mayoritas terjadi di kawasan pemukiman padat penduduk, rata-rata disebabkan karena kelalaian manusia.

“Kelurahan percontohan yang di pilih pada tahun 2017 ini adalah Kelurahan Tamalaba dan Pattingaloang, Kecamatan Ujung Tanah, Makassar,” ucapnya.

Joko mengatakan, pelatihan ini terdiri dari pemadaman api ringan skala rumah tangga hingga bagaimana melakukan medicak evacuation dan pertolongan pertama dengan berbagai contoh kasus.

Joko mengungkapkan, pihak Pertamina selalu mengedepankan aspek health, safety, security, and environtment (HSSE) dalam pelaksanaan setiap kegiatan bisnis dan operasinya. Bahkan, beberapa unit operasinya sudah mendapatkan predikat world class HSSE.

“Hal inilah sebagai bentuk menularkan kesadaran kepada masyarakat pentingnya safety. Kampung Safety Pertamina adalah upaya meningkatkan shared value budaya HSSE perusahaan yang bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap aspek safety,” demikian Joko. (*)


Tag
  • Pertamina
  •  
    div>