RABU , 21 NOVEMBER 2018

Perusahaan Tambang Marmer Sosialisasi di Masjid

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Sabtu , 08 April 2017 11:54
Perusahaan Tambang Marmer Sosialisasi di Masjid

Ilustrasi Tambang Marmer.

ENREKANG, RAKYATSULSEL.COM – Guna menghindari adanya riak-riak di masyarakat sekitar lokasi rencana tambang marmer di Desa Pasui dan Desa Lunjen, Kecamatan Buntubatu, Kabupaten Enrekang, PT Arung Bungin Group menggelar sosialisasi. Tidak tanggung tanggung sosialisasi dilakukan hingga ke tempat ibadah.

Bertempat di Masjid Al Anhsar Muhammadiyah Pasui, seusai Salat Jumat, Jumat (7/4), perusahaan tambang melalui tokoh masyarakat setempat minta waktu untuk melakukan sosialisasi terkait rencana tambang marmer yang diperkirakan akan menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Enrekang hingga puluhan miliar setiap tahunnya.

Kepala Desa Pasui, Said Darwis dan sejumlah tokoh masyarakat setempat hadir dalam forum sosialisasi tabang marmer tersebut. Sebagai pembicara konsultan lingkungan hidup independen asal Makassar, Radiani Rachim turut hadir.

Dari pihak PT Arung Bungin, Andi Rifai Rahim selaku Kepala Teknik Tambang. Syarifuddin Sinring salah satu manager juga terlihat hadir di dalam forum yang dihadiri puluhan tokoh dan warga setempat.

“Kita akan intens melakukan sosialisasi ke masyarakat agar mendapatkan informasi yang benar terkait rencana tambang marmer,” ujar Syarifuddin saat dikonfirmasi via telepin, Sabtu (8/4).

Sebelumnya, Mustamin Amri salah seorang tokoh masyarakat Desa Pasui yang juga mantan legislator PKS, menyatakan, pemilik lahan sekitar lokasi tambang sudah sepakat dan setuju lahannya dibebaskan.

“Pembayaran pembebasan lahan sudah dilakukan di kantor kecamatan beberapa waktu lalu,” ujar pria berambut gondrong ini.

[NEXT-RASUL]

Dijelaskannya, gunung marmer hitam yang akan ditambang tersebut letaknya diantara dua desa, Desa Pasui dan Desa Lunjen, Kecamatan Buntu Batu.

Diprediksi perusahaan tambang bisa menghasilkan puluhan ribu meter kubik marmer dalam setahun. Marmer hitam dari perut bumi Massenrempulu ini, merupakan jenis marmer yang terbaik di dunia, yang mengungguli kualitas marmer di Italia. (***)

 


div>