SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Pesan Pak JK ke Anak Muda: Jangan Mimpi Jadi PNS

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 25 April 2017 10:14
Pesan Pak JK ke Anak Muda: Jangan Mimpi Jadi PNS

Wakil Presiden Jusuf Kalla

RAKYATSULSEL.COM – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) meminta generasi muda melepas keinginan untuk menjadi pegawai negeri sipil (PNS). JK mendorong agar mereka memilih menjadi pebisnis ketimbang Abdi Negara.

Di negara Tiongkok, kata JK, keinginan menjadi pengusaha sudah tertanam di keluarga. Hampir setiap anak dalam setiap keluarga memiliki usaha masing-masing. Hal itu berbeda dengan Indonesia yang rata-rata pemudanya ingin menjadi PNS.

“Di sana punya anak lima, karena enggak bisa jadi tentara dan lain-lain, lima-limanya jadi pengusaha. Kita anak lima jadinya macam-macam. Jumlah pengusaha tidak bertambah. Kalau ada toko, ya itu saja. Kalau di Tionghoa, tokonya bertambah,” ujar JK saat menutup Kongres Ekonomi Umat yang digagas Majelis Ulama Indonesia (MUI) di Hotel Sahid, Jakarta, Senin (24/4).

Padahal, lanjut JK, keinginan untuk menjadi PNS di era sekarang tidak mudah terwujud seperti di tahun-tahun sebelumnya. Itu menjadi alasan tambahan agar generasi muda bisa berpikir kreatif untuk membuka usaha.

“Jadi enggak ada cara lain selain menjadi profesional. Sekarang kita harus mulai mendorong menjadi profesional. Beri semangat ke umat,” pungkas JK.


div>