• Kamis, 27 November 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Pesantren Darul Istiqamah Kembangkan Kawasan Pendidikan Islam

Selasa , 09 Juli 2013 22:41
Total Pembaca : 470 Views

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM - Pesantren Darul Istiqamah Maccopa mulai mencanangkan pengembangan kawasan pendidikan islam yang digelar di Pelataran Masjid Jami, Kabupaten Maros, Selasa, (9/7).

Ratusan warga dan santri hadir mengikuti kegiatan tersebut. Mereka dengan antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir.

Ketua Pengembangan Kawasan Pesantren Darul Istiqamah Muzayyin Arif, mengatakan kegiatan ini sengaja dilakukan bertepatan dengan 1 Ramadhan karena ramadhan adalah bulan kebangkitan. Tujuan pengembangan ini untuk menjadikan pesantren bisa menjawab persoalan umat. Nilai yang dimiliki yakni nilai perjuangan dan bagaimana kehidupan pesantren bisa berkualitas.

“Pesantren ini harus menjadi pesantren yang paling berpengaruh di Indonesia timur,” jelasnya.

Pengembangan kawasan Pesantren Darul Istiqamah ini nantinya akan menciptakan pemukiman warga yang aman dan nyaman. “Kami ingin menata pesantren untuk menjadi kawasan yang bisa role model peradaban muslim modern,” jelasnya.

Muzayyin menambahkan, upaya ini untuk mengeksiskan lembaga sebagai basis pendidikan umat dan menciptakan lembaga pendidikan dengan wajah yang berkualitas.

Selain itu, pesantren ke depan memiliki sumber ekonomi yang modern. Yang memungkinkan warga bisa mendapatkan tempat dan lapangan pekerjaan. ” Kita tak ingin ad warga yang jadi pengangguran,” jelasnya.

Gofar Rozak, Direktur Pt Relife Property yang menjadi pengembang mengatakan bahwa perannya hanya sebagai teknisi yang merancang pengembangan pesantren ini.

“Disini akan dibangun pusat kuliner, kawasan pendidikan, penataan pemukiman warga, pasar sebagai penggerak ekonomi,” pungkasnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Tamsil Linrung yang hadir dalam kapasitas tokoh nasional berkeinginan mengajak bagaimana kehidupan yang baik seperti di syurga diwujudkan di pesantren Darul Istiqamah Maccopa tersebut.

“Kita berharap pesantren ini akan jadi pilot project pengembangan kawasan pemukiman muslim yang jadi contoh,” ucapnya.


Penulis: Ahmad Faisal Tahir
Editor: Mulyadi Abdillah