SELASA , 18 DESEMBER 2018

Pesparawi Nasional XII, Sulsel Raih 6 Gold dan 5 Silver

Reporter:

Lukman

Editor:

Senin , 06 Agustus 2018 12:40
Pesparawi Nasional XII, Sulsel Raih 6 Gold dan 5 Silver

Ketua LPPD Sulsel, Ellong Tjandra menerima medali gold kategori PSDC dari Ketua Panitia Pesparawi Nasional XII, Karolin Margret Natasha, Sabtu (3/8) di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak.

PONTIANAK, RAKYATSULSEL.COM – Kontingen Sulawesi Selatan berhasil meraih 6 gold dan 5 silver dalam ajang Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Nasional XII yang berlangsung di Pontianak.

Pesparawi Nasional yang digelar dari tanggal 29 Juli hingga 2 Agustus 2018 ini memperlombakan 12 kategori. Kontingen dari Papua Barat berhasil membawa pulang piala bergilir setelah menyabet 11 gold, dimana 3 diantaranya adalah gold champion dari kategori Paduan Suara Dewasa Campuran, Paduan Suara Remaja Pemuda dan Musik Pop Gerejawi.

Peraihan 6 gold didapat dari kategori Etnik (Makassar), Solo Anak 7-9 tahun (Elizabeth Q.I. Telaumbanua), Vocal Group (Makassar), Paduan Suara Wanita (Tana Toraja), Paduan Suara Pria (Toraja Utara) dan Paduan Suara Dewasa Campuran (Makassar). Sementara 5 silver diperoleh dari kategori Solo Anak 10-13 tahun (Niandah Allositandi), Solo Remaja Pemuda Putri (Indah Azwiendari), Solo Remaja Pemuda Putra (Muh. Hijrianto), Paduan Suara Anak (Luwu Timur) dan Paduan Suara Remaja Pemuda (Palopo).

Pengalungan medali gold kepada kontingen yang berhasil meraih gold pada kategori yang paling bergengsi yakni PSDC dilakukan oleh ketua panitia, dr. Karolin Margret Natasa pada penutupan kegiatan Pesparawi Nasional, Sabtu (3/8) lalu di Stadion Sultan Syarif Abdurrahman Pontianak.

Sedangkan penyerahan piala bergilir kepada juara umum dilakukan oleh Ketua Umum Lembaga Pengembangan Pesparawi Nasional (LPPN) Thomas Pentury.

Menanggapi hasil yang berhasil dicapai Sulsel dalam ajang Pesparawi Nasional XII ini, Ketua Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) Sulsel, Ellong Tjandra SE MM mengatakan bahwa hasil itu merupakan suatu prestasi yang cukup menggembirakan.

Apalagi mengingat persiapan yang dilakukan sudah sangat maksimal dalam tempo yang relatif singkat.

“Perlu diketahui bahwa LPPD Sulsel sudah maksimal mempersiapkan hal ini meskipun tanpa dukungan dana dari Pemerintah Provinsi dan untungnya ada dukungan dari Kementerian Agama,” ujar Ellong Tjandra yang juga Ketua Umum KONI Sulsel.

Ellong berharap ke depan LPPD Sulsel akan lebih fokus mengembangkan proses pembinaan dan pelatihan SDM yang terkait dengan pengembangan musik gerejawi, baik penyanyi maupun pelatih.

Sebab menurutnya, tugas LPPD Sulsel tidak hanya mempersiapkan kontingen provinsi untuk mengikuti kegiatan Pesparawi Nasional tiga tahun mendatang yang akan digelar di Yogyakarta tahun 2021, tetapi benar-benar juga mengembangkan upaya pelatihan dan pembinaan stakeholders yang terkait, bekerja sama dengan LPPD kabupaten-kota yang ada di Sulsel. (*)

Berikut raihan kontingen Sulsel di Ajang Pesparawi) Nasional XII:

– Gold kontingan Sulsel dari kategori :
1. Etnik (Makassar)
2. Solo Anak 7-9 tahun (Elizabeth Q.I. Telaumbanua)
3. Vocal Group (Makassar)
4. Paduan Suara Wanita (Tana Toraja)
5. Paduan Suara Pria (Toraja Utara)
6. Paduan Suara Dewasa Campuran (Makassar)

Silver kontingen Sulsel dari kategori :
1. Solo Anak 10-13 tahun (Niandah Allositandi)
2. Solo Remaja Pemuda Putri (Indah Azwiendari)
3. Solo Remaja Pemuda Putra (Muh. Hijrianto)
4. Paduan Suara Anak (Luwu Timur)
5. Paduan Suara Remaja Pemuda (Palopo)

 


div>