SENIN , 16 JULI 2018

Petani Dusun Lamajakka Minta Pemerintah Segera Bagikan Bibit Jagung

Reporter:

Amran

Editor:

Lukman

Sabtu , 03 Maret 2018 09:00
Petani Dusun Lamajakka Minta Pemerintah Segera Bagikan Bibit Jagung

Petani jagung di Dusun Lamajakka mulai panen.

 

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM – Salah satu dusun yang ada di Kabupaten Pinrang tepatnya Dusun Lamajakka A Desa Wattangpulu Kecamatang Suppa selama dua tahun terakhir ini bergembira. Pasalnya daerah tersebut berhasil melaksanakan panen jagung dengan baik.

Dengan terbentuknya kelompok tani Jagung pada tahun 2016 silam, para penduduk banyak yang beralih menjadi petani jagung.

Menurut Ketua Kelompok Tani Mekarsari Dusun Lamajakka A, Muhammad Yusup, dengan terbentuknya kelompok tani ini, yang sudah sangat lama diperjuangkan, akhirnya memberi dampak positif bagi masyarakat. Dan tentunya karena ada bantuan bibit yang diberikan oleh pihak pemerintah.

Yusup mengatakan,seharusnya bibit jagung bantuan pemerintah sudah dibagikan kepada masyarakat. “Sudah banyak yang panen, hujan sudah mulai turun, kalau bulan tiga ini lewat berarti hujan sudah sangat kurang, dan pastinya hasil yang dicapai akan berkurang,” paparnya.

Yusup juga berharap agar pemerintah bisa membantu petani menstabilkan harga jagung. Untuk saat ini harga Rp 2100-2200, sementara tahun kemarin harganya berkisar Rp3000-3300, akibat penurunan harga tersebut banyak petani yang ingin berhenti menanam jagung.

Yusup menambahkan, hasil panen kali ini turun hingga 40% jika dibandingkan tahun kemarin. Hal ini dipicu kurangnya curah hujan di awal musim tanam dan adanya hama penggerek batang yang menyerang tanaman jagung.

Kepala Desa Wattangpulu, Darmawan mengatakan, panen kali ini memang agak berkurang dibanding tahun kemarin. Hal tersebut karena kurangnya hujan. (*)


div>