KAMIS , 26 APRIL 2018

Petani Mengeluh, Stok Gabah di Pangkep Melimpah, Harga Anjlok

Reporter:

Atho

Editor:

asharabdullah

Senin , 02 April 2018 14:00
Petani Mengeluh, Stok Gabah di Pangkep Melimpah, Harga Anjlok

Muhammad Ali, Petani Asal Kelurahan Biraeng, Kecamatan Minasa tene saat mengeringkan gabah. Foto: Atho/RakyatSulsel

PANGKEP, RAKYATSULSEL.COM – Harga gabah di sejumlah wilayah di Kabupaten Pangkep turun drastis. Anjloknya harga gabah tersebut dikeluhkan sejumlah petani.

Muhammad Ali misalnya, petani asal Kelurahan Biraeng, Kecamatan Minasatene yang ditemui saat sedang mengeringkan gabah mengaku, anjloknya harga sangat menyulitkan petani, ini diakui lantaran stok gabah yang melimpah, sementara pembeli berkurang.

“Ini yang sulit pak, banyak gabah sementara pembeli kurang, terpaksa kita keringkan saja dulu, biar bisa bertahan lama”, ungkapnya, Senin (2/4).

Untuk harga sendiri, ali menjual gabahnya dikisaran Rp 3.800/kg, bahkan dia sempat melepas
gabahnya ke pembeli diharga Rp3.200/kg.

“Saya terpaksa lepas diharga Rp.3.800 per kilo, bahkan kemarin sempat turun ke Rp3.200/kg,” tambah pria yang mampu memproduksi gabah hingga tiga ton setiap kali panennya.

Ia sangat berharap, pemerintah mampu menstabilkan kembali harga gabah, jangan sampai petani di Pangkep semakin merugi.

Senada dengan Ali, petani asal Desa Baring, Kecamatan Segeri, Syam mengatakan, jika saat ini harga gabah miliknya terpaksa dijual Rp3.700/kg, meski pekan sebelumnya harga gabah masih dikisaran Rp4.600/kg.

“Sebelumnya saya menjualnya Rp.4.700/kg, tetapi sekarang saya jual hanya Rp3.700/kg ,” singkatnya.

Terpisah, Kepala Bulog Pangkep, Rustam Efendi menyampaikan, saat ini standar harga untuk gabah kering panen ditingkat petani masih dikisaran Rp4.070/kg, harga gabah kering panen tingkat penggilingan Rp4.125/kg, kemudian harga gabah kering giling ditingkat petani Rp5.060/kg, sementara gabah kering giling di gudang bulog Rp5.115/kg, dan harga beras di gudang bulog Rp8.030/kg.

“Normalnya harga penjualan berkisar Rp4.100 atau Rp4.200/kg sekarang. Kalau sudah harga Rp4.000 atau dibawah itu berarti sudah menurun. Harga gabah memang sekarang fluktuatif,” jelasnya. (*)


div>