KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Pete-Pete Smart Jalan Ditempat, Telan Anggaran Rp4 Miliar

Reporter:

Arini

Editor:

Iskanto

Kamis , 25 Oktober 2018 12:00
Pete-Pete Smart Jalan Ditempat, Telan Anggaran Rp4 Miliar

PETE-PETE SMART. Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto meluncurkan transportasi publik Pete-pete Smart di Anjungan Pantai Losari Makassar, beberapa waktu lalu. DOK/RAKYATSULSEL

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Angan-angan masyarakat Kota Makassar untuk menikmati angkutan umum yang nyaman sepertinya harus tertunda. Pasalnya, hingga saat ini pengadaan pete-pete smart belum juga dipenuhi Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar.

Padahal anggaran untuk kembali mengadakan 10 prototipe pete-pete smart sudah dianggarkan sejak pertama kali diluncurkan. Bahkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan 2018 yang disahkan awal oktober lalu, anggaran untuk pete-pete smart kembali diusulkan.

Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Makassar, Abdi Asmara mengatakan anggaran tersebut sudah diusulkan pada APBD Pokok 2018 lalu. Kemudian pada saat masuk pembahasan APBD Perubahan 2018, post anggaran untuk pete-pete smart masih tetap ada.

“Pete-pete smart itu, masih tetap ada anggarannya. Dia masih tetap merekat. Karena masih masuk dalam komponen APBD Pokok 2018. Diperubahan itu kalau tidak salah dia tetap dimasukkan,” kata Abdi, Rabu (24/10).

Ia menambahkan, pengadaannya pete-pete smart tetap menggunakan mekanisme lelang sesuai dengan aturan dari pemerintah pusat. Sementara, dalam proses lelang terdapat beberapa aturan yang juga harus dipenuhi.

“Artinya kalau mekanisme lelang tentunya ada aturan yang harus diikuti. Kalau tidak dilaksanakan itu bisa menjadi Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SiLPA),” ungkapnya.

Adapun ketika dimintai keterangan mengenai peluang gagalnya pete-pete smart untuk diadakan pada APBD Pokok 2018 lalu, ia enggan menjawab. Kata dia, hal tersebut merupakan wewenang dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Makassar.

“Kalau masalah alasan, itu yang bisa menjawab hanya Dishub sendiri kenapa bisa belum ada pengadaan. Yang jelas kita sudah kasi anggaran, yang belanjakan itu Dishub,” ujarnya.

Ia mengaku jumlah anggaran yang dianggarkan untuk pete-pete smart pada APBD Perubahan 2018 lalu mencapai hingga Rp. 4 miliyar. “Nominalnya itu sekitar Rp. 3-4 miliyar untuk 10 unit untuk percontohan dulu,” jelasnya. (*)


div>