SENIN , 22 OKTOBER 2018

Peternak Ayam Petelur Keluhkan Harga Jagung Mahal

Reporter:

Editor:

hur

Kamis , 04 Februari 2016 15:56
Peternak Ayam Petelur Keluhkan Harga Jagung Mahal

Peternak ayam petelur, Abang sedang memberi pakan ternaknya di Kelurahan Lemoe, Kamis (4/2/16). (Foto: Rahmaniar/RakyatSulsel)

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Akibat harga jagung -yang dijadikan sebagai salah satu makanan atau pakan ayam petelur, melonjak naik menjadikan beberapa peternak ayam mengeluh. Tak hanya jagung, harga pakan lainnya seperti dedak juga melonjak naik.

Sebelumnya, harga jagung hanya Rp 4 ribu – Rp 5 ribu per kg, saat ini tembus hingga Rp 7 per kilo. Mahalnya harga jagung di pasaran menjadikan para peternak mengeluh karena sulit membeli pakan untuk ternak ayamnya.

Salah satunya, Abang. Peternak dari kelurahan Lemoe ini mengeluhkan mahalnya harga jagung. “Karena semua harga pakan ayam naik, seperti jagung sekarang kami kesulitan untuk mendapatkan pasokan pakan,” keluh Abang yang ditemui di kandang ayam miliknya, Kamis, (4/2).

Abang juga mengatakan, mahalnya harga jagung di pasaran karena persediaan jagung di pasaran sangat kurang disebabkan musim panen belum tiba.

Ditemui terpisah, Kepala Bidang Peternakan Dinas (PKPK) Kota Parepare Wildana mengatakan, untuk kelangsungan usaha peternakan masyarakat pihaknya melakukan pemantauan rutin. Selain itu, pihaknya juga menghimbau kepada peternak agar tidak menambah biaya produksinya.

“Memang, harga jagung naik, oleh karena itu jangan menambah biaya produksi dan jangan pula melakukan peremajaan,” ujarnya.

Salah seorang staf bidang peternakan Dinas PKPK Kota Parepare, drh. Nurdin Ismail juga menambahkan agar para peternak tetap mempertahankan hasil produksinya. “Untuk itu, peternak harus menjaga kesehatan ayamnya, agar setiap saat diberikan suntikan vitamin,” jelasnya. Ia juga menghimbau kepada para peternak agar stok pakan yang dibeli disesuaikan dengan kebutuhan.

“Meningkatnya harga jagung sekarang ini itu tidak akan berlansung lama, karena setelah memasuki musim panen, harga jagung akan kembali turun,” tandasnya.


div>