MINGGU , 19 AGUSTUS 2018

Petuah Kemenangan NA di Pilgub

Reporter:

Suryadi - Iskanto - Armansyah

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 21 Juli 2018 11:30
Petuah Kemenangan NA di Pilgub

Nurdin Abdullah

* Partai Pengusung Harap Tak Dilupakan

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kemenangan Nurdin Abdullah-Andi Sudirman Sulaiman (NA-ASS) pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel 27 Juni lalu diharapkan menjadi petuah bagi partai pengusung pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

Petuah yang diharap dari partai pengusung tersebut adalah mampu mendulang suara yang signifikan pada Pileg dengan mendudukkan Calon Legislatif (Caleg)-nya duduk di parlemen. Atau paling tidak, mampu menaikkan jumlah perolehan kursi pada Pileg 2014 lalu di Sulsel.

Seperti diketahui, partai pengusung NA-ASS pada Pilgub lalu antara lain Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) memiliki 5 kursi di DPRD Sulsel, Partai Amanat Nasional (PAN) memiliki 9 kursi, Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memiliki 6 kursi, dan partai non parlemen yakni Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Terkait hal itu, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sulsel, Andi Ridwan Wittiri partainya punya target pada pemilu 2019 yakni jumlah kursi pada semua tingkatan parlemen dapat bertambah.
“Target PDIP 3 kursi DPR RI, 11 kursi di DPRD Sulsel, dan satu fraksi maksimal setiap Dapil kabupaten/kota,” kata ARW–sapaan akrab Andi Ridwan Wittiri, Jumat (20/7) kemarin.

“Untuk perolehan kursi pada DPRD kabupaten/kota pada beberapa daerah, PDIP yang belum memiliki kursi dapat maksimal bekerja sehingga dapat jatah pada Pileg mendatang,” tuturnya.

Menurutnya, PDIP bersama pasangan gubernur terpilih akan bekerja keras untuk dapat melakukan penambahan jumlah kursi di Sulsel.

“Harapan kita, tetap bekerja bersama Pak Prof dan Pak Andi Sudirman untuk mencapai target kursi di Pileg 2019 nanti. Kalau menang di Pilkada, harus juga menang di Pileg,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKS Sulsel, Surya Darma mengatakan pihaknya punya hitungan tersendiri untuk meraih suara pada Pileg mendatang.

“Melalui kerja partai dan kader yang Caleg bisa raih kursi di DPRD semua tingkat bertambah,” katanya.

Meski demikian, dirinya tidak mematok seberapa besar kemenangan partai untuk meraih penambahan kursi di Pileg.

Menurutnya, PKS Sulsel optimistis bisa memenangkan arena Pileg 2019 mendatang. Ia mengaku bisa mewakili lebih banyak suara dan mendapat kursi yang signifikan di DPRD Sulsel.

“Pada Pilgub kemarin, kami bisa menang. Maka di Pileg ini tentu harus mengulang kesuksesan itu,” ujarnya.

Sementara Ketua DPW PSI Sulsel, Muhammad Fadli Noor mengatakan PSI tidak memiliki ikatan khusus dengan terpilihnya gubernur terpilih NA-ASS di Pilgub Sulsel. Akan tetapi, partainya memiliki target 1 fraksi di DPRD Sulsel untuk mendukung gubernur terpilih.

“Kita justru menargetkan satu fraksi di DPRD provinsi, justru itu kita ingin membackup kerja-kerja eksekutif, menjadi mitra Pak Nurdin Abdullah dan Pak Andi Sudirman Sulaiman untuk mewujudkan janji-janji poltik selama Pilgub lalu,” kata Fadli Noor, Jumat (20/7).

Kata Fadli, target 1 fraksi DPRD Sulsel itu untuk memastikan janji pasangan calon nomor urut 3 itu dapat direalisasikan kepada publik Sulsel sehingga tidak terjadi kekeliruan.

“Jadi Pak Nurdin itu sejalan dengan kami di PSI, dua diantara visinya itu yaitu soal layanan kesehatan, dan menciptakan destinasi pilihan yang akan kita kawal dengan baik,” ucapnya.

Soal komitmen, kata Fadli, PSI tidak memiliki komitmen khusus yang dibuatnya bersama NA-ASS, baik setelah terpilih menjadi gubernur atau mendukung PSI di Pileg 2019.

“Tidak ada komitmen, yang ada itu dengan kedekatan PSI dan NA-ASS, semua relawan ikut Caleg di PSI, itu saja,” pungkasnya.

Sementara Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPW PAN Sulsel, Andi Irwandi Natsir mengaku tidak mengetahui secara pasti apa komitmen yang dibangun oleh NA-ASS dengan PAN Sulsel. Yang pasti, kata dia, NA-ASS tentunya akan memberikan dukungan moral kepada PAN pada Pileg nanti.

“Kalau komitmen saya tidak terlibat dalam pembicaraan. Tapi kalau dukungan moral pastilah ada dari Pak Nurdin Abdullah maupun Pak Andi Sudirman Sulaiman dalam rangka pemenangan di legislatif ini. Saya kira untuk hal itu pasti ada,” kata Irwandi.

Apalagi memang, kata dia, NA-ASS akan membutuhkan para legislatif untuk menjalankan programnya untuk Sulsel lima tahun ke depan. Sehingga pastinya dukungan akan diberikan oleh NA-ASS demi kelancaran Pileg 2019 nanti.

“Jadi komitmen untuk memenangkan beberapa jaringan karena kan beliau juga punya kepentingan untuk dikawal nanti di legislatif. Saya kira itu yang paling utama, mengawal progam beliau. Beliau membutuhkan orang PAN, PDIP, PKS dan beberapa partai lain untuk mengawal program beliau,” jelasnya.

“Sehingga kedepan di Pileg mendatang pastinya beliau mensuport akan mendukung orang-orang yang dipandang punya kecakapan dan punya kapasitas,” tambahnya.

Untuk target PAN Sulsel, Irwan mengaku telah berkomitmen akan meningkatkan perolehan kursi yang ada saat ini khususnya kursi DPRD Sulsel. Dimana, kata dia, PAN akan berupaya menempatkan Caleg potensialnya agar dapat terpilih.

“Untuk DPRD Sulsel kita tidak muluk-muluk, kita berharap bisa mendudukkan semua Dapil, kursi sebelas itu saya kira realistis dari 9 kursi yang kita miliki saat ini. Kalau DPR RI juga kita harapkan ada peningkatan. Tapi yang lebih pantas berbicara adalah DPP. Tapi dengan komposisi Caleg yang ada saat ini kita percaya diri,” pungkasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Nurdin Abdullah mengatakan, pasca dirinya meraih suara terbanyak pada Pilgub lalu dan diputuskan menang itu tidak terlepas dari partai pengusung dan tim serta relawan yang bekerja selama tahapan berlangsung.

“Tentu ini kemengan rakyat. Kami diusung oleh partai, sehingga ke depan pasti ada kerja sama untuk hadapi Pileg,” kata gubernur terpilih yang bergelar professor tersebut.

NA juga tak lupa mengucapkan terima kasih kepada masyarakat, para relawan dan simpatisan yang telah memberikan amanah kepadanya. “Saya berterima kasih kepada masyarakat Sulsel, para relawan dan simpatisan yang mempercayakan amanah ini kepada kami,” pungkasnya. (*)


div>