SENIN , 19 FEBRUARI 2018

PII: Jangan Percaya Lembaga Survei Tak Jelas

Reporter:

Editor:

Ridwan Lallo

Senin , 12 Februari 2018 12:36
PII: Jangan Percaya Lembaga Survei Tak Jelas

int

BANTAENG, RAKYATSULSEL.COM – Sejumlah lembaga survei mulai bermunculan jelang Pilkada Bantaeng 2018. Pabeta Indonesia Institute (PII) meminta agar warga tidak mudah percaya dengan lembaga survei yang tidak memiliki kredibilitas yang tidak jelas.

Direktur PII, Herman H mengatakan, lembaga survei yang muncul sebaiknya tidak terkesan membodohi masyarakat. Jika akan merilis hasil surveinya, lembaga itu harus mempertegas bagaimana metode survei dan pemilihan sampelnya.

“Jangan karena kepentingan, sampai kajian akademik survei diabaikan. Warga sebaiknya jangan mudah terprovokasi,” kata Herman.

Dia juga berharap agar pemerintah dan Panwaslu bisa mengendalikan lembaga-lembaga yang tidak terdaftar resmi di pemerintahan. Jangan sampai lembaga-lembaga itu malah terkesan membodohi masyarakat dan mencederai demokrasi.

“Panwaslu harusnya segera bertindak terkait lembaga survei yang tidak memiliki kredibilitas seperti itu,” jelas dia.

Dia menambahkan, warga sebaiknya warga melakukan kroscek mengenai informasi yang beredar dari sumber yang tidak jelas. Jangan sampai, informasi itu bisa memprovokasi warga.

“Jangan mudah percaya dengan lembaga survei yang tidak jelas,” kata dia.

Sekadar diketahui, beberapa lembaga survei sudah merilis hasil surveinya di Pilkada Bantaeng. Terbaru adalah Lembaga Survei Sulawesi Selatan (Lesus). Lembaga ini merilis hasil surveinya tanpa menjelaskan metode survei dan pemilihan sampelnya. (*)


div>