• Sabtu, 01 November 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Pilkada Jeneponto, IPI Unggulkan Duet Iksan-Mulyadi

Senin , 11 Februari 2013 15:58
Total Pembaca : 2173 Views

MAKASSAR – Indeks Politica Indonesia (IPI) memprediksi peluang Iksan Iskandar untuk memenangkan Pilkada Jeneponto September nanti semakin terbuka pasca resmi berpaket dengan Mulyadi Mustamu.

Iksan saat ini menjabat sebagai sekda Jeneponto sedangkan Mulyadi adalah ketua DPRD Jeneponto dari Partai Golkar.

Hasil survei IPI bulan Desember 2012, Iksan hanya lemah di Kecamatan Bangkala dan Bangkala Barat. Maklum, dua kecamatan tersebut merupakan basis Asharie Fakhsirie Radjamilo (AFR)

“Dengan berpaketnya Iksan-Mulyadi, kelemahan di dua kecamatan tersebut akan segera tertutupi. Sebab, Mulyadi merupakan keturunan langsung Raja Bangkala saat ini,” ujar Direktur Eksekutif Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris Amir, Senin siang, (11/2).

Suwadi mengatakan, kehadiran Mulyadi akan merubah konstalasi politik di kecamatan Bangkala, Bangkala Barat, dan Jeneponto secara keseluruhan.

Suwadi menyebutkan ada empat faktor yang membuat paket ini paling terbaik di Pilkada Jeneponto periode 2013-2018.
Pertama, bersatunya dua tokoh yang di kenal keturunan Raja Binamu yaitu Iksan dan Keturunan Raja Bangkala yaitu Mulyadi.

Kedua, perpaduan paket birokrasi dan politisi. Iksan yang menjabat Sekda adalah pamong senior dan Mulyadi ketua DPRD Jeneponto politisi muda berbakat dan bersih dari korupsi.

Ketiga, paket ini memiliki basis pendukung yang jelas, Iksan kuat di sektor selatan meliputi Kecamatan Tamalatea, Binamu, Kelara, Batang, Tarowang sedangkan Mulyadi kuat di utara meliputi Kecamatan Bangkala dan Bangkala Barat.

“Keempat, pasangan ini memiliki popularitas dan elektabilitas yang tinggi yaitu kedua menurut survei IPI berada di tiga Besar saat ini,” demikian Suwadi.


Penulis: Ahmad Arfah
Editor: Mulyadi Abdillah