• Kamis, 23 Oktober 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Pilkada Luwu Hanya Diikuti Tiga Paslon

Senin , 22 Juli 2013 17:11
Total Pembaca : 765 Views

LUWU, RAKYATSULSEL.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Luwu menggelar rapat pleno penetapan bakal calon bupati dan wakil bupati Luwu periode 2013-2018, Senin (21/7). Hasilnya, dari tujuh pasangan calon (paslon) yang mendaftar hanya tiga pasangan resmi sebagai peserta Pemilukada pada September mendatang.

Tiga pasangan yang ditetapkan berdasarkan rapat plno dengan no masing-masing paket Andi Mudzakkar-Amru Saher yang diusung oleh Partai Golkar, PAN, PBB, Partai Gerindra, PPP, PKS, PKPI, dan PDS. Pasangan kedua yakni Basmin Mattayang-Syukur Bijak (Baik) yang diusung oleh Partai Demokrat, PDI Perjuangan, Hanura, dan RepublikaN.

Pasangan ketiga yakni Basri Suli-Thomas Toba yang diusung oleh PKB, PDK, Partai Pelopor, PPPI, Barnas, PPI, PNI, Partai Marhaen, PIS, PKP, PPNUI, PPDI, PDS, Partai merdeka, Partai Buruh, dan PKPB.

Sementara empat pasangan yang tak lolos satu diantaranya pasangan calon yang diusung dari jalur parpol yakni Asmin Abdullah-Muhammad Nur Ibrahim dinyatakan tidak lolos berkas. Sementara tiga calon persorangan yang juga dinyatakan gugur adalah Juliadi-Ihlas Redang, Ida Rahmy-Gazali, dan Muhammad Arfah-Ferry.

Ketua KPU Luwu Andi Padellang menegaskan bahwa pleno penetapan pasangan calon Pemilukada Luwu merupakan hasil dari proses yang dilakukan tim verifikasi. Sedangkan pasangan yang tidak lolos sesuai dengan aturan yang dijalankan KPU sebagai penyelenggaran pemilu.


Penulis: Muhammad Asri
Editor: Mulyadi Abdillah