MINGGU , 18 FEBRUARI 2018

PILKADA PAREPARE! Tiga Poros Koalisi Berpeluang Terbentuk

Reporter:

Editor:

faisalpalapa

Senin , 05 Juni 2017 00:28
PILKADA PAREPARE! Tiga Poros Koalisi Berpeluang Terbentuk

Ilustrasi.(*)

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM — Rivalitas Golkar versus NasDem dipastikan tersaji di Pilkada Parepare 2018. Di luar itu, ada potensi lahirnya poros koalisi baru yang boleh jadi dimotori Partai Demokrat atau PAN.

Golkar memastikan mengusung petahana yang juga Ketua DPD II Golkar  Taufan Pawe. Sementara NasDem sejak dini memproklamirkan siap melawan petahana dengan menyiapkan kader terbaiknya, Faisal A Sapada.

Raihan kursi di legislatif menempatkan Golkar sebagai satu satunya parpol di Parepare yang meraih 20 persen suara dan atau memenuhi syarat pengusungan pasangan calon.

Adapun NasDem yang meraih dua kursi, masih membutuhkan tambahan minimal tiga kursi. Kecuali berkoalisi dengan Demokrat atau PAN, NasDem membutuhkan sedikitnya dua parpol mitra koalisi.

Demokrat yang meraih empat kursi, cukup seksi ditengah rivalitas Golkar versus NasDem. Namun bukan hal muda pula bagi parpol berlambang mercy ini dalam menjalin koalisi.

Dua kader Demokrat, Tasming Hamid dan Rahmat Syamsu Alam, mewacana bakal maju di Pilkada dengan target berbeda. Tasming mematok kosong satu, sementara Rahmat hanya bersedia sebagai calon wakil walikota.

Apapun pilihan Demokrat nantinya, sangat menentukan potensi jumlah pasangan calon yang bertarung di Pilkada Parepare 2018. Jika pilihannya merapat bersama petahana, maka Pilkada memungkinkan berlangsung head to head dan atau maksimal diikuti oleh tiga paslon.

NasDem yang amat butuh partner koalisi, memungkinkan bermitra dengan PKS yang teruji berhasil menumbangkan petahana di Pilkada Takalar 2018. Untuk mencukupkan syarat koalisi, figur usungan NasDem nantinya masih wajib bermitra dengan sedikitnya satu parpol peraih kursi lainnya.

[NEXT-RASUL]

Munculnya deretan kader parpol di bursa balon bakal calon wawali, menjadikan penjajakan koalisi memungkinkan rumit. PKS memiliki Asriady Samad, PAN dengan Firdaus Djollong atau PDIP dengan Andi Darmawangsa.

Keseriusan  kandidat calon walikota menempatkan petahana Taufan Pawe dan Faisal Sapada yang memungkinkan membangun koalisi berbeda. Satu poros koalisi lagi memungkinkan  terjadi, patut ditunggu dari keseriusan Tasming Hamid atau Taqyuddin Jabbar. (*)


div>