KAMIS , 15 NOVEMBER 2018

Pilkades Labuaja: Bermunculan Pengakuan Warga Soal Money Politic, Masa Mau Dibiarkan

Reporter:

Editor:

Iskanto

Kamis , 08 November 2018 17:43
Pilkades Labuaja: Bermunculan Pengakuan Warga Soal Money Politic, Masa Mau Dibiarkan

int

MAROS, RAKYATSULSEL.COM – Sepekan sudah Pilkades Serentak 2018 di Kabupaten Maros berlalu. Namun bengkalainya masih ada. Salah satu yang menyeruak adalah money politic.

Di Pilkades Labuaja, petahana Nurbaeti Lanti membuat laporan resmi ke Panitia Kabupaten dan Bupati Maros. Terkait dugaan politik uang kubu rivalnya.

Dalam laporan tersebut tertera sejumlah pengakuan beberapa warga yang didatangi tim sukses salah satu calon kades. Dari malam pemilihan hingga hari H pemilihan.

“Kami sekeluarga dititipi tiga amplop,” ujar Rh, salah satu warga. Pengakuannya ikut dilampirkan dalam CD yang melengkapi laporan tim Nurbaeti Lanti (NBL).

Warga lain, inisial Vn beserta suaminya bahkan mengaku didatangi langsung oleh calon. “Uangnya tidak pakai amplop. Kami tidak ambil. Takut,” ucapnya.

Selain Rh dan Vn masih ada beberapa warga yang mengungkapkan hal nyaris serupa.

Nurbaeti berharap laporan yang berlandaskan pengakuan warga tersebut mendapat respons serius pihak-pihak terkait.

“Kita tidak boleh membiarkan pesta demokrasi dirusak oleh tindakan buruk seperti money politic,” ucapnya, Kamis (8/11/2018).

Apalagi, imbuh calon nomor urut 1 itu, enam hari sebelum pencoblosan, keempat calon di Pilkades Labuaja bertanda tangan di atas kertas bermaterai. Kesepakatan untuk tidak melakukan money politic.

“Nyatanya ada yang melanggar. Seharusnya ditelusuri. Masa mau dibiarkan,” ujar Nurbaeti.

Kepala Bidang Pemberdayaan Pemerintahan Desa Dinas PMD Kabupaten Maros, Muhammad Aris, berjanji menindaklanjuti laporan ini.

“Kami akan rapatkan dengan semua yang berwenang,” tutur Aris saat menerima laporan tim NBL.

Hasil penghitungan suara Pilkades Labuaja 2018, calon nomor urut 2, Asdar meraih 560 suara. Nomor urut 1 Nurbaeti Lanti 488 suara. Nomor urut 3 Asmar 141 suara. Nomor urut 4 Abd Mannang 131 suara.


Tag
div>