SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Pilwalkot Parepare, BNN Bakal Dilibatkan Sebagai Tim Pemeriksa Kesehatan Paslon

Reporter:

Editor:

Niar

Minggu , 31 Desember 2017 16:20
Pilwalkot Parepare, BNN Bakal Dilibatkan Sebagai Tim Pemeriksa Kesehatan Paslon

int

PAREPARE, RAKSUL.COM- Ketua KPU Parepare Nurnahdiyah menjelaskan, khusus pemeriksaan kesehatan, ada beberapa indikator yang mesti diperiksa untuk memastikan kandidat atau pasangan calon (paslon) tersebut memenuhi persyaratan.

“Kesehatan fisik dan rohani, bebas narkoba, dan tidak mengidap disabilitas medis. Itu merupakan bagian dari syarat pencalonan,” urai Nur Nahdiyah.

Lebih lanjut Nur Nahdiyah mengatakan, Pilkada tahun 2018 mendatang akan sedikit berbeda dengan Pilkada tahun-tahun sebelumnya, seperti halnya pada tahapan tes kesehatan ini.

“Untuk tahapan tes kesehatan bakal Paslon Walikota dan Wakil Walikota Parepare ke depannya akan melibatkan tiga tim, yaitu dari Ikatan dokter Indonesia (IDI), Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Himpunan Psikolog Indonesia (HIMPSI). Hal Ini sangat penting dilakukan karena merupakan bagian dari tahapan Pilkada,” kata ketua KPU Parepare.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Sulsel, menghimbau kepada pasangan calon sebaiknya menuliskan obat-obatan atau minuman energy apa saja yang diminum sebelum pemeriksaan kesehatan dilakukan.

“Obat-obatan atau minuman energy akan terdeteksi sebagai Benzo,” tukasnya. (MP1/Nia)


div>