SABTU , 22 SEPTEMBER 2018

Pjs Wali Kota Parepare: Pancasila Pedoman dalam Berprilaku

Reporter:

Editor:

Niar

Jumat , 01 Juni 2018 17:19
Pjs Wali Kota Parepare: Pancasila Pedoman dalam Berprilaku

int

PAREPARE, RAKSUL.COM—Pancasila  merupakan ideologi, pandangan dan falsafah hidup yang harus dipedomani bangsa Indonesia. Melalui falsafah ini proses penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta cita-cita proklamasi kemerdekaan diwujudkan. Hari Lahir Pancasila telah ditetapkan pada 1 Juni di era pemerintahan Presiden Joko Widodo untuk diperingati setiap tahunnya melalui  Keputusan Presiden Nomor 24 Tahun 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Rumusan Pancasila pada awalnya dikemukakan oleh Presiden Pertama Sukarno dalam pidatonya di Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) pada 1 Juni 1945. Nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya bersumber dari keragaman budaya bangsa yang diakui secara bersama-sama.

Penjabat Sementara(Pjs) Wali Kota Parepare, Lutfie Natsir menjelasakan nilai-nilai  luhur Pancasila harus tetap di pertahankan dan menjadi pedoman dan sumber dari segala sumber hukum dalam berbangsa dan bernegara

“ Nilai-nilai  luhur Pancasila digali dari nilai luhur nusantara oleh para pendiri bangsa dan dijadikan pedoman dalam berbangsa san bernegara oleh guru dan pemimpin bangsa kita,”jelas dia, Jumat(1/6/2018)

Kepala Inspektorat Provinsi Sulawesi selatan ini berharap hari Lahirnya Pancasila pdahari ini bisa  menjadi momentum  utamanya bagi generasi muda untuk  menggali nilai-nilai luhur yang terpatri dalam lambing Negara kita.

“Harapnnya terhadap para generasi penerus bangsa agar pancasila senantiasa terus dijadikan pedoman dalam bertindak dan berprilaku,” tutupnya.


div>