• Selasa, 02 September 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

PKPI Gowa Yakin Lolos

Senin , 05 November 2012 10:19
Total Pembaca : 303 Views
KPU Gowa diterima Ketua dan Sekretaris PKPI Gowa saat verifikasi faktual. (Foto : Muchtar suma/rakyat sulsel)

Baca juga

GOWA – Selama dua hari mulai Sabtu sampai Minggu (3-4 November), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Gowa melakukan verifikasi faktual partai politik (Parpol) calon peserta pemilu 2014 yang diumumkan KPU Pusat pekan lalu. Sebanyak lima tim dibentuk untuk melakukan pemeriksaan ke sekretariat parpol yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi oleh KPU Pusat. Ketua Tim III KPU Gowa, M Khuzaifah BM mengatakan verifikasi yang dilakukan di setiap parpol calon peserta pemilu 2014 mendatang sebagai tindak lanjut hasil verifikasi adminsitrasi yang dilakukan KPU RI.

Verifikasi yang dilaksanakan selama dua hari ini, terfokus pada pemeriksaan adminstrasi kepengurusan parpol, domisili dan kepemilikan kantor, kehadiran pengurus inti yang terdiri dari ketua, sekretaris, dan bendahara, serta keterwakilan perempuan minimal sebanyak 30 persen. “Verifikasi yang dilakukan KPU kabupaten/kota hanya sebatas mencocokkan administrasi parpol dari KPU Pusat secara langsung di lapangan,” ujar Khuzaifah di sela-sela verifikasi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) di Kallongtala, Sabtu (3/11).

Disebutkan, sebanyak enam orang verifikator terdiri dari komisioner dan staf KPU Gowa memverifikasi keberadaan PKPI Gowa. Lebih lanjut diungkapkan, setelah verifikasi faktual terkait yang disebutkan tadi, KPU Gowa masih akan melakukan verifikasi keanggotaan parpol yang bersangkutan. Namun, waktunya belum ditetapkan. “Belum ada jadwal pasti verifikasi keanggotaan parpol di lapangan,” katanya seraya menyebut timnya memverifikasi tiga parpol yakni, PKPI, Demokrat, dan PKB.

Sementara Ketua PKPI Gowa Genda S mengatakan partai yang dipimpinnya sangat siap menghadapi verifikasi factual oleh KPU Gowa. Dia menyampaikan sejak dinyatakan lolos verifikasi oleh KPU Pusat, pengurus langsung menyiapkan segala hal yang diperlukan terkait verifikasi factual. “Dengan kesiapan yang kami miliki hingga saat ini, yakin bisa lolos dalam verifikasi dan menjadi salah satu peserta pemilu 2014 nanti,” jelas Genda di sekretariat PKPI Gowa.

Ditambahkan, diantara persyaratan yang dibutuhkan pada verifikasi faktual, yakni keterwakilan perempuan itu dapat kita penuhi. “Kita hadirkan 30 persen keterwakilan perempuan di kepengurusan saat verifikasi oleh KPU Gowa,” kata Genda yang juga mantan Kabag Bina Mitra Polres Gowa.

Terpisah, Ketua Divisi Hukum, Pengawasan, dan Humas KPU Gowa, Imelda Adriani menjelaskan dari sebanyak 16 parpol yang dinyatakan lolos verifikasi oleh KPU Pusat, hanya 15 parpol yang mengikuti verifikasi di KPU Gowa. Hal ini disebabkan, kata dia, ada satu parpol yakni Partai Persatuan Rakyat Nasional (PPRN) yang tidak ada kepengurusannya di Gowa.

Hanya saja, lanjut mantan Ketua PPK Bontomarannu, dari 15 parpol yang berhak mengikuti verifikasi di Gowa terdapat dua parpol yang akan diverifikasi faktual agak belakangan. Penyebabnya, karena kedua partai tersebut terlambat menyerahkan berkas dan nanti masuk saat perbaikan. “Jadi, PDP dan PKBIB nanti kita verifikasi faktual khusus keanggotaan pada fase perbaikan nanti,” ujar Imelda di ruang kerjanya sembari menyebut masa perbaikan verifikasi faktual berlangsung mulai 27 November hingga 3 Desember 2012 nanti. (K1/C)