JUMAT , 20 JULI 2018

PKPU Gelar Pelatihan Rescue

Reporter:

Editor:

hur

Minggu , 31 Januari 2016 11:26

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Lembaga Kemanusiaan Nasional PKPU Cabang Makassar, mengadakan Pelatihan Relawan Rescue yang berlangsung selama tiga hari Jumat-Minggu (29-31/1) di Baruga Benteng Somba Opu.

Kegiatan ini diikuti 23 peserta dari berbagai unsur dengan materi dan simulasi yang melibatkan Tim TAGANA, BPBD, DAMKAR, PMI serta DRM PKPU Pusat.

Tim DRM PKPU, Subur menuturkan bahwa Indonesia adalah wilayah yang sangat rentan dengan musibah bencana. Olehnya itu, jelas Subur, PKPU memberikan Pelatihan Rescue kepada mahasiswa, pekerja dan masyarakat umum.

Dalam pelatihan tersebut, peserta diberi materi sekaligus simulasi kebencanaan yang dipersiapkan untuk bisa tanggap dan sigap dalam mengurangi resiko kebencanaan, supaya tidak gagap pada saat terjadi musibah.

Humas PKPU Makassar, Nurhayani menambahkan bahwa Pelatihan Relawan Rescue dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan simulasi kebencanaan ketika berhadapan langsung dengan kondisi di lapangan, seperti musibah kebakaran, longsor dan banjir. Diharapkan peserta dapat lebih tanggap dalam mengurangi risiko kebencanaan.

“Kami berterima kasih atas kerjasama dari tim TAGANA yang memberikan simulasi langsung di lapangan, PMI, BPBD dan Damkar, hingga Pelaksanaan Pelatihan Relawan Rescue ini berjalan dengan lancar,” kata Nurhayani.


div>