SABTU , 17 NOVEMBER 2018

PLB Permudah Ekspor dan Impor

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 19 April 2016 20:39

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Sulawesi akan mensosialisasikan Pusat Logistik Berikat (PLB) di Sulsel 28 April mendatang di Gedung Keuangan Negara Makassar. Dengan adanya PLB, diharapkan mampu mempermudah aktivitas ekspor dan impor para pengusaha.

Kepala Kanwil Bea Cukai Sulawesi, Azhar Rasyidi, mengatakan, PLB merupakan konsepsi untuk memotong cost logistic sehingga sangat menguntungkan bagi pengusaha. “Misal, barang yang tiba di pelabuhan tidak diperiksa lagi. Begitu juga dengan ekspor akan lebih mudah karena sudah tidak diperiksa lagi barangnya,” ujar Azhar.

Apabila barang impor sudah tiba di pelabuhan, lanjutnya, pengusaha kan harus membayar, menunggu, dan mengajukan dokumen impor. “Ini tidak bayar lagi, tetapi langsung masuk ke dalam Pusat Logistik Berikat,” terangnya.

Dikatakannya, PLB sudah diberlakukaan saat ini. Untuk itu, Azhar berharap, gubernur dapat mengundang pengusaha di Sulsel untuk sosialisasi PLB.

Ia menyebutkan, luas lahan yang dibutuhkan untuk membuat PLB ini sekira 1 Hektare (Ha). “Tergantung dari pengusahanya mau buat dimana. Bisa lebih dari satu, terserah, kita dukung semua,” katanya.

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, dengan adanya PLB, proses keluar masuknya barang dan jasa di Sulsel biaa lebih nyaman, lebih cepat, dan tidak bersoal.

“Termasuk di dalamnya mendukung ekapor tiga kali lipat. Itu hanya bisa ada kalau beban pengusaha kita bisa turunkan dan pelayanan yang lebih mudah,” ujarnya.

Syahrul mengatakan, saat ini, sementara dirumuskan program lain, seperti meniadakan hal yang bisa mempercepat proses impor dan ekspor di pelabuhan serta mengurangi resiko yang dapat menjadi masalah. (***)


div>