MINGGU , 16 DESEMBER 2018

PLN Jamin Listrik Tak Padam di Sulsel

Reporter:

asharabdullah

Editor:

Kamis , 15 Maret 2018 10:15
PLN Jamin Listrik Tak Padam di Sulsel

Ilustrasi.

– Surplus Listrik 200 MW

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – General Manager (GM) PLN Wilayah Sulselrabar Bambang Yusuf menemui Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk melaporkan kondisi kekuatan listrik yang ada di Sulsel saat ini.

Menurutnya, Sulsel tidak akan mengalami pemadaman secara bergilir lagi, mengingat sejumlah pembangkit listrik dengan teknologi terbarukan mampu menambah daya listrik hingga surplus 200 Mega Watt (MW).

“Sekarang kondisinya sangat bagus bahkan surplus, sekira 200 MW,” ungkap Bambang, usai melakukan pertemuan dengan gubernur di Ruang Kerja Gubernur di Makassar, Rabu (4/3) kemarin.

Selain itu, kata Bambang, saat ini beban puncak yang ada di Sulsel sekira 1.050 MW. Sementara, daya listrik yang ada bisa menyuplai sampai 1.300 MW.

Selanjutnya, kata Bambang, akan ada tambahan dari pembangkit lsitrik di Jeneponto masuk 70 MW dan 70 MW Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) di Sidrap, khusus PLTB Sidrap saat ini sudah masuk 26 MW.

Sementara, untuk elektrifikasi atau daerah yang sudah teraliri listrik di wilayah Sulselrabar sudah mencapai 97 persen.

“Di wilayah Sulselrabar sudah mencalai 97 persen. Khsusus Sulsel menghapiri angka 100 persen,” ungkap Bambang yang baru menjabat GM PLN Wilayah Sulselrabar ini.

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, berharap agar harga listrik di Sulsel dapat terjangkau.

“Listrik itu penting dan sangat strategis. Oleh karena itu, PLN harus berpikir betul-betul untuk kepentingan rakyat. Hadirnya untuk efektivitas dan efisiensi,” katanya.

Syahrul menilai, melihat jumlah daya listrik yang dimilik dapat membuat produk listrik di Sulsel semakin akrab dengan kantong masyarakat.

“Saya percaya PLTB itu lebih efisien. Saya percaya listrik bisa turun dari harga sekarang,” ujarnya.

Ia juga mengatakan diawal memimpin, listrik Sulsel hanya berkisar 400 MW, Sulsel harus mendatangkan pembangkit listrik dari provinsi lainnya, untuk memenuhi kebutuhan kelistrikan Sulsel. Saat ini sudah hampir mencapai 2.000 MW.

Selain itu, Syahrul juga berharap realisasi hadirnya PLTB di Takalar dan Selayar agar segera dapat terwujud. (*)


div>