SENIN , 18 DESEMBER 2017

PN Barru Bersama Forkopimda Komitmen Bebas Korupsi

Reporter:

Editor:

Lukman

Senin , 02 Oktober 2017 23:00
PN Barru Bersama Forkopimda Komitmen Bebas Korupsi

Penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di kantor Pengadilan Negeri Barru Senin (2/10).

BARRU, RAKYATSULSEL.COM – Ketua Pengadilan Negeri Barru melakukan penandatanganan piagam pencanangan pembangunan zona integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di kantor Pengadilan Negeri Barru Senin (2/10). Penandatanganan tersebut dilakukan oleh seluruh unsur Forkopimda.

Ketua Pengadilan Barru, Abdul Latif SH, MH mengatakan, tujuan penandatanganan ini adalah untuk menghindari adanya korupsi dan juga menghindari operasi tangkap tangan dilingkup Pengadilan Negeri (PN) Barru.

“Dapat dikatakan bahwa selama ini masih ada pegawai pengadilan di daerah lain yang terkena OTT dari KPK. Untuk menghindari hal tersebut, maka kami lakukan penandatanganan ini,” jelasnya.

Abdul Latif menambahkan, warga di pengadilan atau hakim yang menangani perkara dilarang bertemu dengan yang berperkara. Pasalnya larangan ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sangat dilarang Hakim melakukan pertemuan dengan yang berperkara guna menjaga independensi dan integritas itu tadi. Terkecuali pada saat sidang sedang digelar di pengadilan tentu harus bertemu,“ ungkapnya.

Dalam penandatanganan piagam tersebut hadir Plt Bupati Barru Suardi Saleh, Kapolres Barru AKBP Burhaman, Dandim 1405/Mlts Letkol Czi Syarifuddin Sara, Kepala Rutan Jayadikusumah, Ketua Pengadilan Agama Dr. Slamet, M. Hi, Wakil Ketua II DPRD Barru Andi Wawo Mannojengi,Kepala Kejaksaan Negeri Barru, Paian Tumanggor SH. MH. (*)‎


div>