JUMAT , 22 JUNI 2018

PNS Ikut Nimbung Deklarasi Kandidat

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Selasa , 11 September 2012 11:36

RAKYAT SULSEL . TIGA kandidat gubernur sudah melakukan deklarasi, Ada tiga kandidat yang telah deklarasi, yaitu pasangan Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu’mang (Sayang), Ilham Arief Sirajuddin-Abdul Aziz Qahhar Mudzakkar (IA), dan A Rudiyanto Asapa-A Nawir (Garuda’Na). Bahkan, kabarnya, Garuda’Na akan kembali menggelar deklarasi pada hari ini sekaligus Rakerda.

Informasi yang diterima Rakyat Sulsel, pada setiap deklarasi ketiga pasangan kandidat ini, di antara ribuan massa yang hadir, banyak di antaranya yang ikut nimbrung adalah pegawai negeri sipil (PNS). Konon, ada yang datang sendiri, ada pula yang dimobilisasi.

Pengamat politik dari UVRI, Saefuddin Al Mugni, mengatakan bahwa sebenarnya dalam undang-undang pemilu, PNS mesti menjaga netralitasnya dalam politik praktis. Kalaupun keterlibatan PNS dalam politik, itu dukungan dalam bentuk pribadi dan tidak mesti harus datang dalam dekalarasi.

“Iya, yang mesti dilihat adalah variabelnya bahwa yang melaksanakan deklarasi masih pejabat publik, jadi PNS akan sangat mudah untuk termobilisir dalam pusaran politik pimpinannya, walaupaun banyak PNS mungkin akan berkelit bahwa dia hadir dalam kapasitas individu, walaupun demikian tidak bisa dihilangkan bahwa di diri PNS dilekatkan abdi negara,” katanya.

Dia mengakui, ada dilema bagi PNS, tapi bukan galau. “Karena PNS tidak bisa menghindari akan politik, saya lihat hari ini PNS harus berpolitik, sebab jika tak berpolitik atau memiliki pilihan yang beda akan dimutasi, walau ini hanya pomeo di masyarakat namun bisa jadi ini ada benarnya,” tegas Pembantu Rektor III UVRI ini.


Tag
div>