RABU , 23 MEI 2018

Polda Awasi Distribusi Pangan

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Rabu , 10 Mei 2017 15:51
Polda Awasi Distribusi Pangan

ilustrasi sembako

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel melalui Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) ketahanan pangan dengan Pemerintah Provinsi Sulsel di ruangan Dirreskrimsus Polda Sulsel, Selasa (9/5). Rapat ini melibatkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU), Bea Cukai dan Asosiasi Gula Sulsel.

Direktur Reskrimsus, Kombes Pol Yudiawan Wibisiono mengatakan, sinergitas yang dibangun antara Polda Sulsel dan instansi terkait untuk menyikapi ketahanan pangan. Ini merupakan upaya untuk menindaklanjuti arahan Kapolri dan Menteri Pertanian untuk tetap mengawal ketahanan pangan dari hulu ke hilir.

“Kegiatan rapat kordinasi ini terkait pangan, yakni mengawal sejak fase penanaman, pertumbuhan, pasca panen sampai pada distribusi sedangkan untuk ternak mengawal ketersediaan hewan potong dan jumlah daging yang akan di konsumsi,” ujar Yudiawan diberitakan Rakyat Sulsel, Rabu (10/5).

Menurutnya, perlu pengawalan dan pengawasan lebih jauh pada tahap distribusi pasalnya pada fase tersebut persaingan usaha, permainan kartel, dan permainan harga pada konsisi tertentu seperti menjelang Idul Fitri atau hari besar lainnya sangat rawan.

“Direktorat Krimsus sebagai ujung tombak di Polda Sulsel bagi ketahanan pangan. Setiap penyimpangan pangan merupakan ranah dari Dirkirmsus. Olehnya itu perlu sinergitas antara instansi terkait menjaga stabilitas ketahanan pangan dan penukaran informasi untuk kesejahteraan masyarakat,” ujar Yudiawan.

Ia melanjutkan, pola sinergitas ini pada pelaksanaan rapar koordinasi, komunikasi intens dengan membuat grub WhatsApp. Diharapkan dengan pola komunikasi yang intens bisa mewujudkan ketahanan pangan di Sulsel.

“Pola sinergitas ini tidak hanya dilakukan di lingkup provinsi akan tetapi dilanjutkan di tingkat kabupaten yang tentu Polri menjadi ujung tombak.” tutup Yudiawan. (***)


div>