SABTU , 23 JUNI 2018

Polda Dituding Tebang Pilih Kasus Korupsi

Reporter:

Ramlan Makkaratang

Editor:

asharabdullah

Sabtu , 03 Maret 2018 10:00
Polda Dituding Tebang Pilih Kasus Korupsi

Ilustrasi

* Kasus Baru Dikebut, Kasus Lama Kabur

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Penanganan kasus tindak pidana korupsi (Tipikor) oleh Penyidik Subdit III Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus), Polda Sulsel dinilai mengabaikan kasus yang sudah lama ditangani.

Direktur Pusat Kajian dan Advokasi Anti Korupsi (Pukat) Sulsel, Farid Mamma, menilai, sikap Polda Sulsel dalam menangani kasus korupsi tidak profesional.

“Polda belum profesional betul atau belum serius dalam menangani perkara korupsi,” ungkap Farid Mamma, Jumat (2/3).

Farid Menambahkan, Polda Sulsel di bawah kepemimpinan Irjen Pol Umar Septono, seakan menghilangkan perkara korupsi yang bertahun-tahun dilakukan penyelidikan dan penyidikan.

Beberapa kasus yang ditangani Polda Sulsel yang kini diduga mandek atau dan dilimpahkan ke tahap dua diantaranya perkara korupsi Bimtek Enrekang, Masjid Agung Palopo, Bandara Mangkendek, dan Irigasi Tombolo Pao serta beberapa lainnya.

Selain itu, beberapa kasus yang terjadi dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Tim Cyber Pungli juga seakan hilang tanpa jejak. Padahal dalam penanganan kasus tersebut seharusnya tidak membutuhkan waktu lama, bahkan sekan perlahan mehilang.

Data yang diperoleh, Tim Cyber Pungli Polda Sulsel telah menangani 56 perkara dari hasil OTT. Namun hingga kini, puluhan kasus tersebut belum diketahui, sampai sejauh mana progres penanganannya.

“Perkara lama hilang, sedangkan perkara baru dimunculkan. Bahkan (yang baru) diobok-obok terus. Sementara yang lama tidak diobok-obok. Saya tidak tahu, apakah dihentikan atau sengaja dihilangkan,” terangnya.

Diketahui, belakangan ini, Polda Sulsel gencar mengusut kasus dugaan korupsi di lingkup Pemerintah Kota Makassar.

Selain itu, kasus dugaan korupsi pengadaan pohon ketapang kencana dan pembangunan sentra kerajinan lorong-lorong Makassar, Polda juga tengah fokus menangani kasus baru yang diselidiki yanki dugaan korupsi pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Daya Kota Makassar.

Perkara korupsi di lingkup Pemerintah Kota Makassar ini terbilang masih baru. Langkah penyidikannya dilakukan pada Januari 2018 lalu. Di mana, Tim Tipikor Polda Sulsel tercatat sudah beberapa kali melakukan penggeledahan di Balai Kota Kota Makassar. (*)


div>