SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Polda Sulsel Tangkap Petugas Stasiun Karantina Pertanian Parepare

Reporter:

Editor:

dedi

Rabu , 07 Desember 2016 21:41
Polda Sulsel Tangkap Petugas Stasiun Karantina Pertanian Parepare

ilustrasi

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Tim Operasi Pemberantasan Pungli (OPP) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan, berhasil mengamankan pegawai Laboratorium Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Parepare Sulawesi Selatan, Selasa 6 Desember 2016, tadi malam.

Penangkapan pelaku tersebut diduga melakukan praktik pungutan liar (pungli), dalam proses pengiriman barang, yang dilakukan di Pelabuhan Nusantara dan Pelabuhan Cappa Ujung, Kota Parepare. Pelaku juga diduga telah mengeluarkan dokumen sertifikat karantina pengiriman hewan dan tanaman, yang tidak sesuai prosedur.

Adapun barang bukti yang disita yakni, satu buku kontrol kantor, uang tunai Rp 206.000 dan tiga bundel arsip sertifikat kesehatan tumbuhan antar area yang telah dikeluarkan, dan selembar catatan pesanan fiktif atas nama Angga.

Terkait hal itu, pegawai Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Parepare, mendatangi Markas Kepala Kepolisian Resort (Mapolres) Parepare, Rabu (07/12/2016).

Adapun pegawai Karantina Pertanian Kelas I Parepare, yang diambil keterangannya sebagai saksi yakni, A. Halid, Ansar, Srinita, Nirwana dan salah seorang mandor di Pelabuhan atas nama Agung diamankan Polda atas Operasi Tangkap Tangan (OTT).

Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi, membenarkan kedatangan tim Polda tersebut. Dia menjelaskan, pihaknya belum mengetahui jika kasus tersebut, akan dilimpahkan pada Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Parepare.

“Kami akan kabari jika kami sudah terima laporannya,” singkatnya.


Tag
div>