JUMAT , 25 MEI 2018

Polda Ungkap Praktik Oplos Gas Elpiji

Reporter:

Ramlan Makkaratang

Editor:

asharabdullah

Kamis , 12 April 2018 09:30
Polda Ungkap Praktik Oplos Gas Elpiji

ILUSTRASI

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel berhasil mengungkap praktik pengoplosan gas elpiji di dua lokasi berbeda. Tabung gas oplosan tersebut diketahui ditemukan di Kabupaten Takalar dan di Kota Makassar.

Pengoplosan tabung gas tersebut merupakan isi gas elpigi yang berasal dari tabung gas 3 Kg kemudian dioplos dengan memindahkan isi ke dalam tabung gas elpiji 12 Kg.

Kepala Bidah Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Sulsel, Kombes Pol Dicky Sondani menjelaskan pengungkapan praktik pengoplosan tabung gas elpiji tersebut berawal dari adanya keluhan masyarakat atas kelangkaan tabung gas elpiji 3 kilogram.

Selanjutnya, aparat menyelidiki dan berhasil menemukan lokasi praktik pengoplosan tabung gas elpiji tersebut.

“Anggota berhasil menemukan dua lokasi pengoplosan tabung gas yaitu di Kabupaten Takalar dan Kota Makassar,” ungkap di kantor Pertamina Pelabuhan Makassar, Rabu (11/4) kemarin.

Modus para pelaku pengoplosan dari Kabupaten Takalar membawa tabung gas tersebut ke Makassar tanpa penutup dan segel agar tabung gas elpiji tersebut tampak seperti kosong.

“Mereka membawa tabung ke Makassar dengan tidak diberikan segel sehingga seolah-olah tabung tersebut kosong. Sesampainya di Makassar, tabung gas itu baru diberikan segel lalu diedarkan ke pengecer,” tambahnya.

Diketahui, praktik pengoplosan ini dimulai sejak bulan Oktober 2017 lalu.

Hingga saat ini, kasus pengoplosan tabung gas 3 kg ke 12 kg sementara di tangani Ditreskrimum Polda Sulsel untuk dilakukan pengembangan kasus. (*)


div>