SENIN , 24 SEPTEMBER 2018

Polisi Hadir Ciptakan kamtibmas

Reporter:

Editor:

rakyat-admin

Sabtu , 08 September 2012 10:13

RAKYAT SULSEL . MAKASSAR – Terjadinya berbagai tindakan kejahatan dikarenakan kurangnya kesadaran akan pentingnya keamanan dan ketertiban di tengah-tengah masyarakat. Untuk itu kehadiran polisi selain menciptakan Kamtibmas, juga menjadi pengayom masyarakat dari tindakan kejahatan.

Demikian salah satu isi kuliah umum yang disampaikan oleh Wakapolda Sulsel, Brigjen Pol Syahrul Mamma saat menjadi pemateri dalam prosesi Sosialisasi Peraturan Akademik dan Kemahasiswaan (SPAK) STIEM Bongaya, Jumat (7/9) kemarin.

Menurut Syahrul Mamma, bila setiap masyarakat termasuk civitas kampus memiliki kesadaran kolektif akan ketertiban dan keamanan, maka potensi kejahatan akan bisa diminimalisir.  “Bila setiap masyarakat saling memahami betapa pentingnya keamanan dan ketertiban, maka tak akan ada saling curiga yang berimbas pada potensi gangguan keamanan, ” ujar Syahrul di hadapan pimpinan kampus dan ribuan Maba STIEM Bongaya yang memadati halaman dalam kampus.

Selain itu, jenderal berbintang satu ini juga mengatakan, budaya dan karakter masyarakat juga sangat mempengaruhi sikap dan perilakunya. Apabila suatu masyarakat yang memiliki karakter atau perilaku yang tak menghargai aturan, maka keamanan dan ketertiban susah terwujud. Maka di sana diperlukan polisi sebagai pengayom.

“Tidak mungkin polisi  santun ditengah masyarakat yang brutal,” ujar Syahrul Mama. Lanjutnya, Stigma negatif yang dilekatkan masyarakat kepada polisi yang selama ini dianggap kasar dan brutal, sebenarnya adalah reaksi yang setimpal atas karakter dan budaya masyarakat yang cenderung tak menghargai dan taat aturan. Untuk itu, dia berharap para mahasiswa sebagai generasi muda, hendaknya meningkatkan kualitas diri skil yang mempuni guna menjadi agen of change di tengah-tengah masyarakat yang cenderung berperilaku brutal.

Hadir dalam kuliah umum itu, antara lain, Direktur STIEM Bongaya, Syamsul Nur, Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Pol Chevy Ahmad Sopari, Kabid Propam Podla Sulsel Kombes Pol hedi Handoko, Dirlantas Polda Sulsel, Kombes Pol yudi Amsyah dan pejabat Polda lainnya. (RS12/her/C)


Tag
div>