• Minggu, 26 Oktober 2014
Iklan | Epaper | Redaksi | Citizen Report

Polisi Janji Perketat Pengurusan SIM C

Rabu , 22 Mei 2013 11:01
Total Pembaca : 375 Views

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Satlantas Polrestabes Makassar berjanji akan memperketat proses pemberian Surat Izin Mengemudi (SIM) untuk roda dua atau SIM C. Bagi para pemohon yang masih di bawah umur kelayakan mengendarai kendaraan roda dua tidak akan diberikan lagi pengecualian oleh kepolisian untuk memperoleh SIM C.

Hal ini dinilai penting lantaran banyaknya anggota geng motor di bawah umur yang tertangkap namun telah mengantongi surat izin mengemudi.

Kasat Lantas Polrestabes Makassar, Kompol Anggi Siregar yang dikonfimasi menghimbau kepada para orang tua pelajar pemohon surat izin mengemudi yang masih di bawah umur agar tidak membuat petugas SIM berada dalam posisi terjepit.

Menurut Anggi, saat ini sangat banyak orang tua pemohon SIM yang memanfaatkan pangkat sanak keluarga mereka yang lebih tinggi untuk menekan petugas SIM dan memaksa untuk memberikan SIM bagi pemohon di bawah umur.

“Pangkat lebih tinggi dari sanak keluarga pemohon terkadang memaksa kami mengeluarkan SIM. Selain itu, petugas juga sering digoda dengan uang untuk memaksakan anaknya yang belum cukup umur untuk buat SIM. Kami himbau agar orang tua yang sering melakukan hal itu agar tidak melakukannya lagi,” kata Anggi.

Menurut Anggi, cara orang tua menunjukkan kasih sayang terhadap anaknya dengan cara seperti itu sangat keliru dan menghasilkan bibit-bibit anggota geng motor karena kondisi psikologis anak yang belum layak berkendara.

“Selain itu, juga para orang tua tidak boleh komplain dan marah terhadap tindakan kepolisian apabila kami melakukan penilangan terhadap anaknya yang belum cukup umur, harus ikuti aturan hukum,” keluh perwira berpangkat satu bunga ini.

Anggi menambahkan, ke depan, selain kegiatan rutinitas sosialisasi ke sekolah-sekolah dan patroli yang terus dilakukan, anggota Satlantas Polrestabes Makassar akan mencoba melangkah lagi lebih jauh lagi dengan menyentuh para orang tua pelajar.

“Nanti kita akan berkoordinasi dengan bagian Pembinaan Masyarakat (Binmas) dan semua Polsek-polsek jajaran Polrestabes Makassar supaya menyentuh warga,” rencana Anggi.


Penulis: Ahmad Radi
Editor: Mulyadi Abdillah