MINGGU , 25 FEBRUARI 2018

Politeknik Maritim Makassar Gandeng IKA SMK Palapa Palopo Kerjasama Beasiswa

Reporter:

Jepi

Editor:

Lukman

Sabtu , 10 Februari 2018 07:26
Politeknik Maritim Makassar Gandeng IKA SMK Palapa Palopo Kerjasama Beasiswa

Politeknik Maritim Makassar

PALOPO, RAKYATSULSEL.COM – Alumni Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Palapa Kota Palopo membuat terobosan. Dengan memanfaatkan peluang kerja dan khususnya kebutuhan tenaga ahli muda di dunia perkapalan, kini dijajaki kerjasama dengan Politeknik Maritim Makassar. Satu diantaranya kerjasama beasiswa pendidikan.

Sebagai lembaga pendidikan yang fokus pada pembentukan tenaga muda ahli di bidang perbengkelan, elektro dan listrik, SMK Palapa mengharapkan kerjasama itu membuka ruang bagi para alumninya untuk meningkatkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Langkah itu sekaligus untuk menjawab kebutuhan dunia kerja di bidang perkapalan saat ini dan ke depannya.

Ketua IKA SMK Palapa Kota Palopo, Hidayat Jaya Amd MMarE mengatakan bahwa langkah ini merupakan yang pertama dilakukan sejak sekolah tersebut berdiri tahun 1989.

“Alhamdulillah saat ini ikatan alumni SMK Palapa Palopo dan Politeknik Maritime Makassar akan menjajaki kerja sama di dunia pendidikan dan kerja peluang kerja. Salah satunya kerjasama beasiswa,” tutur Hidayat, Jumat (9/2).

Beasiswa itu, sebutnya, berlaku bagi anak didik yang akan menyelesaikan pendidikan setiap tahun ajaran baru. Tentunya harus melalui persyaratan pada umumnya jika ingin ikut beasiswa. Diantaranya, memiliki kecakapan pisik dan akademik.

“Kerjasama ini juga diharapkan bisa memacu semangat serta minat generasi muda agar memilih dunia pendidikan yang siap kerja,” harapnya.

Sementara itu, Direktur Politeknik Maritim Makassar, Amrin Rani SE MM menyambut baik terobosan alumni SMK Palapa tersebut. Dinilainya, terobosan itu merupakan bagian dari cita-cita bangsa dalam memajukan dunia pendidikan dan khususnya melahirkan generasi muda bangsa yang profesional dan nerkeahlian khusus.

“Ini sebuah kehormatan dan langkah yang patut diapresiasi. Ternyata, masih ada anak muda sekarang yang mau berpikiran seperti ini. Kami pun pastinya akan menjalankan kerjasama beasiswa tersebut ke depan,” ujar Amrin.

Menurutnya, Politeknik Maritime Makassar kerjasama seperti sangatlah tepat karena pihaknya memang merupakan lembaga pendidikan yang sudah mendapatkan pengakuan secara internasional. Keberadaannya sejak tahun 1963 mampu menelorkan pelaut-pelaut yang profesional dan mumpuni.

“Kampus kami ini memang patut menjadi pilihan bagi adik-adik yang memiliki cita-cita di dunia perkapalan, sebab kami adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia Timur yang mengantongi pengakuan Standard Avropal dari International Maritime Organisation (IMO),” tandasnya.

Rencananya, kerjasama beasiswa itu sudah mulai berlaku di tahun ajaran ini. Sehingga, bagi siswa dan siswi yang berminat melanjutkan pendidikan namun memiliki ekonomi menengah ke bawah bisa memilih jalur beasiswa ini. (*)


div>