SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Politisi Berebut Kursi Senator

Reporter:

Suryadi Maswatu

Editor:

asharabdullah

Kamis , 12 Juli 2018 10:30
Politisi Berebut Kursi Senator

Dok. RakyatSulsel

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Perebutan kursi anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI wilayah Sulawesi Selatan diprediksi berlangsung sengit. Pasalnya, tak sedikit politisi di Sulsel yang memilih mengejar kursi empuk anggota senator tersebut.

Hingga saat ini, sudah ada tiga politisi yang dipastikan maju bertarung. Masing-masing M Roem, Tamsil Linrung dan petahana, Ajiep Padindang. Roem dan Ajieb Padindang adalah politisi dari Partai Golkar, sementara Tamsil Linrung adalah kader PKS.

Ajiep Padindang yang dikonfirmasi mengaku jika persaingan memperebutkan kursi DPD tidak hanya terjadi sesama kader parpol, melainkan dengan semua kandidat yang telah melakukan pendaftaran.

“Anggota DPD itu perwakilan masyarakat Sulsel, semua memiliki peluang dan hak yang sama,” ujar Ajiep Padindang saat melakukan pendaftaran di KPU Sulsel, Rabu (11/7).

Terkait jumlah dukungan KTP yang masih kurang pasca verifikasi faktual oleh KPU, Ajiep mengaku jika kekurangan akan segera diserahkan ke KPU. “Kita hanya kekurangan 274 KTP, dan kami sudah sediakan 1700 KTP tambahan jika itu dibutuhkan,” jelasnya.

Terpisah, Tamsil Linrung, mengatakan, majunya sebagai kandidat calon anggota DPD karena ingin kelembagaan DPD lebih berdaya lagi. “Saya ingin kelembagaan DPD ini lebih berdaya,” katanya.

Tamsil menuturkan, untuk membuat DPD lebih berdaya, harus dipimpin oleh mereka yang punya pengalaman di DPR. Karena, hanya mereka yang punya pengalaman di DPR yang bisa melakukan lobi-lobi di internal untuk membuat DPD tidak menjadi lembaga yang “ompong”.

“Dengan pengalaman yang saya miliki di DPR, Insya Allah, saya bisa membawa lembaga ini berdaya secara kelembagaan dan punya kewenangan yang tidak sekadar pelengkap saja,” tuturnya.

Dengan berdaya secara kelembagaan, Tamsil Linrung yakin DPD akan lebih mampu berkontribusi untuk daerah. Karena, ibarat perang, anggota DPD tidak lagi hanya punya senjata, tetapi juga akan punya peluru.

“Karena itu, mohon doanya, mohon bantu saya, bantu perjuangan ini, agar DPD secara kelembagaan menjadi lebih berdaya. Kita orang Sulawesi Selatan mampu menjadi motor untuk perjuangan yang mulia ini,” jelasnya.

Sementara Ketua Fraksi PKS DPRD Sulsel, Aryadi Arsal menegaskan jika partainya akan all out memenangkan Tamsil Linrung. “Tamsil Linrung merupakan satu-satunya kader internal PKS yang maju, sehingga dipastikan all out memenangkannya. Intinya PKS solid menangkan beliau,” katanya.

Aryadi memastikan Tamsil Linrung akan mendapatkan suara yang begitu signifikan dibanding rivalnya yang lain. “Target suara kalau boleh nomor satu. Suara PKS aman satu kursi,” jelasnya.
Bahkan, Aryadi menargetkan suara hingga 750 ribu untuk Tamsil Linrung. “Insya Allah kita target 750 ribu suara,” pungkasnya. (*)


div>