SELASA , 13 NOVEMBER 2018

Polres Parepare Rilis Perkara Narkoba Senilai Rp4,2 Milliar

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Kamis , 01 Desember 2016 15:23
Polres Parepare Rilis Perkara Narkoba Senilai Rp4,2 Milliar

Jajaran Polres Parepare saat menggelar rilis perkara narkoba jenis sabu-sabu seberat 3 Kg di Ruang Balai Wartawan Polres Parepare, Kamis (1/12/2016). foto: luki amima/rakyat sulsel.

PAREPARE, RAKYATSULSEL.COM – Kepolisian Resort (Polres) Parepare gelar rilis perkara penangkapan narkoba jenis sabu-sabu seberat 3 Kilogram (Kg) di Ruang Balai Wartawan Polres Parepare, Kamis (1/12/2016).

Penggagalan penyelundupan barang haram tersebut, berhasil dilakukan tim Patroli Multi Kejahatan (PMK) Kepolisian Sektor (Polsek) Kawasan Pelabuhan Nusantara (KPN).

Kapolres Parepare, AKBP Pria Budi, menjelaskan, kronologis kejadian berawal dari ditemukannya seorang laki-laki yang berinisial UN (36), dengan profesi sebagai petambak, yang pada saat itu menguasai, memiliki dan menyimpan yang diduga narkotika jenis sabu.

“Dari keterangan tersangka, ternyata barang haram ini berasal dari Kota Tarakan, Provinsi Kalimantan Utara, dan berasal dari seseorang di sana yang menitipkan barang tersebut kepada tersangka, dengan menggunakan Kapal Lambelu,” paparnya.

Pria menambahkan, tersangka membawa sabu-sabu tersebut dari Kota Tarakan menuju Kota Parepare, namun berhasil ditangkap di Pelabuhan Nusantara Kota Parepare.

“Tujuan akhirnya apabila barang haram ini lolos, nantinya akan di bawa dan diedarkan ke Kabupaten Pinrang,” jelasnya.

Pelaku yang terlibat, lanjut Pria, sudah diketahui pihaknya. Tim dari Polres Parepare sudah bekerja di lapangan. “Semoga dalam waktu dekat semua pelaku berhasil ditangkap,” tuturnya.

Adapun ancaman hukuman untuk tersangka yakni pasal 112 ayat 2 subsider pasal 114 ayat 2 subsider pasal 132 ayat 1 Undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika, dengan ancaman minimal 20 tahun penjara dan maksimal hukuman mati.

“Jika ditaksir satu kilogram itu senilai Rp1,4 milliar maka totalnya mencapai Rp4,2 milliar,” jelasnya.

Sementara, Kepala Satuan (Kasat) Reserse Narkoba, AKP Donny Dunggio menjelaskan, dalam kurung waktu Januari hingga Desember 2016, total penangkapan sabu-sabu yang berhasil dilakukan sebanyak 35 Kg.

“Adapun jumlah tersangka secara keseluruhan sebanyak 104 orang. Semua tersangka yang terlibat berasal dari berbagai lapisan masyarakat,” ungkapnya. (***)


div>