SELASA , 23 JANUARI 2018

Polrestabes Tuan Rumah Simulasi Pengamanan Pilkada

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Jumat , 19 Mei 2017 15:00
Polrestabes Tuan Rumah Simulasi Pengamanan Pilkada

Personel kepolisian memblokade massa pada simulasi pengamanan Pilkada Serentak, di Areal Trans Studio Mall, Jl Metro Tanjung Bunga Makassar, Kamis (18/5). foto: asep/rakyatsulsel.

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Kepolisian Daerah (Polda) Sulsel melakukan simulasi sistem pengamanan Kota Makassar di Area Trans Studio Makassar, Kamis (18/5). Simulasi ini sebagai persiapan pengamanan pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2018 mendatang.

Asisten Kapolri Bidang Operasional, Irjen Unggung Cahyono mengatakan, dari persiapan yang dilakukan Polda dengan Koordinator Kapolrestabes terlihat sudah siap mengamankan Pilkada 2018 mendatang.

“Ini merupakan program Mabes Polri untuk persiapan dalam rangka pengamanan Pilkada tahun 2018,” ujar Unggung.

Ia mengatakan, peran polri dalam pengamanan masyarakat harus menekankan pada aspek mengayomi dengan memberikan rasa aman dan nyaman.

“Kapolri menghimbau jika dalam penanganan unjuk rasa jangan menggunakan senjata api, itu yang selalu disampaikan Kapolri,” ujar Unggung.

Ia mengingatkan, ketika unras melakukan pembakaran dan penjarahan yang tidak bisa lagi terkontrol maka dapat digunakan prosedur tetap (Protap) sesuai UU No 1 Tahun 2010 yaitu dengan melakukan penembakan dengan peluru hampa atau karet dengan target kaki.

“Untuk tidak terjadi kesalahan di lapangan kapolri sering menyampaikan masalah diskresi kepolisian yang tadi sudah dipraktekkan dan dilaksanakan dengan baik,” kata Unggung.

[NEXT-RASUL]

Sementara itu, Kapolda Sulsel Irjen Muktiono mengatakan, kegiatan ini dihadiri jajaran Asisten Polri Bidang Operasional beserta seluruh Komandan Satuan (Dansat) Brimob, Karops dan Direktur Sabhara se-Indonesia untuk mengikuti kegiatan Simulasi Sistem Pengamanan Kota.

“Kegiatan ini giliran wilayah Polda Sulsel dengan Makassar jadi Koordinator untuk Sispamkota, tahun lalu dilaksanakan oleh Polda Jabar,” tutup Muktiono. (***)


div>