SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Posdaya Wujudkan Prioritas Pembangunan Nawacita Kelima

Reporter:

Editor:

doelbeckz

Selasa , 22 November 2016 15:14
Posdaya Wujudkan Prioritas Pembangunan Nawacita Kelima

Sekda Pinrang, Syarifuddin Side ketika membuka Sosialisasi Posdaya dan Kampung KB di Ruang Pola Kantor Bupati Pinrang, Selasa (22/11). foto: busrah/rakyatsulsel.

PINRANG, RAKYATSULSEL.COM – Program Pos Pemberdayaan Keluarga (Posdaya) dan Kampung Keluarga Berencana yang saat digalakkan pemerintah, tidak terkecuali di Kabupaten Pinrang, dinilai dapat mewujudkan agenda prioritas pembangunan Nawacita Kelima, yakni peningkatan kualitas hidup manusia Indonesia melalui pembangunan kependudukan dan Keluarga Berencana.

Sekda Pinrang, Syarifuddin Side, mengatakan, sesuai Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Daerah dengan Yayasan Dana Mandiri Sejahtera (Damandiri) Jakarta, 15 Desember 2015 lalu, telah ditindaklanjuti dengan menyusun dokumen Road Map Posdaya. Pengurus Pokja dan Kelompok Posdaya Pinrang juga telah mengadakan kunjungan ke bebagai lokasi yang dinaungi Yayasan Damandiri di Jakarta.

Hasilnya, kata Syarifuddin, sangat memuaskan terutama dalam kelompok ekonomi kreatif PAUD serta Posyandu dalam pengembangan Posdaya.

“Dari kunjungan ke Kota Bogor ini, sisa dimantapkan dan dikembangkan dengan baik di Pinrang,” harapnya, pada sosialisasi program tersebut di Ruang Pola Kantor Bupati Pinrang, Selasa (22/11).

Syarifuddin meminta agar Kepala Bappeda segera menyusun Road Map Posdaya ini, bekerja sama dengan Badan KB dan Pemberdayaan Perempuan Pinrang, agar program dan kegiatan ini dapat menjadi acuan kerja program dan diimplementasikan ke masyarakat secepatnya.

Dalam sosialisasi ini, pemateri utama adalah DR H Faozan Alkatiri dari Yayasan Damandiri Jakarta dengan peserta terdiri dari para Pokja Posdaya, Kepala SKPD, PKK, Kelompok Posdaya dan Peserta KB serta Tokoh Masyarakat.

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan Bappeda Pinrang, M Akkas, menjelaskan, sosialisasi ini bertujuan guna menyusun dokumen program dan kegiatan pengembangan Posdaya dan Kampung KB di Pinrang, sehingga dapat menjadi acuan pelaksanaan pemberdayaan keluarga dan peningkatan kreatifitas dan inovasi masyarakat berbasis teknologi tepat guna, sebagai Gerakan Terpadu Kesejahteraan Masyarakat (Gestramas) sekaligus penanggulangan kemiskinan daerah dan untuk mengembangkan upaya perbaikan gizi keluarga melalui pemberdayaan. (***)


div>