SENIN , 17 DESEMBER 2018

Posko Sultra YKF Salurkan Bantuan ke Sulteng

Reporter:

Iskanto

Editor:

Jumat , 05 Oktober 2018 21:45
Posko Sultra YKF Salurkan Bantuan ke Sulteng

int

KENDARI, RAKYATSULSEL.COM – Posko Sulawesi Tenggara (Sultra) Yayasan Kemanusiaan Fajar (YKF) menyalurkan bantuan kemanusiaan ke Sulawesi Tengah (Sulteng), menggunakan satu unit truk, Jumat (5/10).

Bantuan untuk korban gempa dan tsunami Palu-Donggala tersebut disalurkan setelah YKF melalui Harian Rakyat Sultra membuka donasi selama tujuh hari sejak Sabtu lalu.

Direktur Harian Rakyat Sultra H Abdul Haliq, mengatakan selama durasi pembukaan donasi tersebut, ratusan masyarakat dengan inisiatif pribadi menyalurkan bantuannya ke posko yang didirikan Yayasan Kemanusiaan Fajar, di Kantor Harian Rakyat Sultra.

Donatur datang dari kalangan ibu rumah tangga, pelajar, mahasiswa, guru, karyawan perusahaan yang bergerak di bidang kecantikan, seller parfum, travel, hotel, hingga dealer mobil.

Kemudian, donasi juga banyak disalurkan dari instansi vertikal (kementerian/lembaga) hingga instansi di pemerintahan kabupaten/kota.

Dikatakan, donasi tak hanya berupa uang tunai, namun juga berupa pakaian bekas layak pakai, perlengkapan mandi, hingga bahan makanan dan minuman, serta obat-obatan.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara yang menyalurkan donasinya melalui Yayasan Kemanusiaan Fajar di Kantor Harian Rakyat Sultra. Bantuan ini akan sangat membantu saudara-saudara kita, utamanya para pengungsi,” katanya.

Banyaknya donasi dan bantuan yang masuk, kata Haliq, membuktikan kepedulian masyarakat Sulawesi Tenggara yang sangat tinggi terhadap saudara-saudara sebangsa yang terkena musibah.

Dia yakin rasa simpati dan empati ada di relung hati seluruh masyarakat Sulawesi Tenggara terhadap korban gempa di Sulawesi Tengah. Oleh karena itu, Haliq berharap masyarakat Sultra terus mendoakan para korban agar musibah ini segera berakhir dan tidak terulang lagi.

“Mari sama-sama kita terus mendoakan agar musibah ini segera berakhir dan tidak terulang lagi,” ajaknya.

Sementara itu, Koordinator Posko YKF di Kantor Harian Rakyat Sultra, Alfin Basri, mengatakan, bantuan yang disalurkan ke Palu dan Donggala diupayakan berdasarkan kebutuhan paling mendasar para pengungsi dan masyarakat Sulteng yang terkena dampak gempa.

“Kita sudah list semua kebutuhan mendasar para pengungsi, dan sebisa mungkin kita penuhi semua. Mulai dari pakaian, makanan, minuman, obat-obatan, hingga tempat mengungsi (tenda dan tikar), bahkan sampai kebutuhan dapur umum seperti beras dan bumbu masakan,” jelas Alfin.

Data yang dihimpun relawan posko, bantua berhasil disalurkan berupa pakaian dewasa dan anak-anak perempuan/laki-laki, juga pakaian dalam sebanyak 90 karung, selimut 50 lembar, popok bayi 20 dos, sembako 700 paket, beras tujuh karung, bahan (bumbu) masakan enam dos, dan 90 dos air mineral serta obat-obatan satu dos.

Lalu, perlengkapan mandi empat dos, tikar plastik 43 lembar, terpal ukuran besar tujuh lembar, serta tali untuk mendirikan tenda.

Bantuan Posko Sultra YKF tersebut disalurkan menggunakan satu unit truk melalui jalur darat dari Kota Kendari melewati wilayah Konawe Utara, sampai ke Morowali hingga ke Kota Palu. (*)


div>