• Rabu, 17 September 2014
Iklan | Privacy Policy | Redaksi | Citizen Report

PPI: Seleksi Komisioner KPU Sulsel Tidak Sehat

Kamis , 09 Mei 2013 11:56
Total Pembaca : 493 Views

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Seleksi anggota komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel yang saat ini mengerucutkan 10 nama, masih menyisakan kontroversi. Pasalnya, proses seleksi dinilai tidak sehat karena terjadi beberapa kejanggalan.

Anggapan ini dilontarkan oleh organisasi pemuda Poros Pemuda Indonesia (PPI) Sulsel. PPI mengungkapkan, salah satu kejanggalan proses seleksi adalah beredarnya 10 besar nama-nama calon anggota komisioner sebelum penetapan.

“Kenapa bisa bocor informasi yang sangat rahasia? Beberapa waktu lalu kami sudah protes, tapi tidak digubris oleh tim seleksi. Sekarang muncul kejanggalan yang menguatkan indikasi proses seleksi tidak sehat,” tandas Ketua PPI Sulsel, Taqwa Bahar kepada rakyatsulsel.com, Kamis (9/5) sesaat lalu.

Meski tidak digubris oleh timsel, PPI bersama Aliansi KPU Berkualitas menyatakan akan tetap mengawal proses seleksi anggota penyelenggara pemilu ini. Bahkan dalam waktu dekat, PPI bersama Aliasi KPU Berkualitas akan membawa permasalahan ini ke KPU Pusat.

“Berdasar pada masukan yang kami terima bahwa seleksi ini juga tidak berdasar pada kompetensi. Ini menandakan semakin jelas sudah proses seleksi tidak sehat,” tukas Takwa yang juga juru bicara Aliansi KPU Berkualitas.

Taqwa juga meminta agar hasil seleksi ditinjau ulang oleh timsel mengingat banyaknya kontroversi dan dugaan kejanggalan selama proses seleksi. “Karena yang akan dihasilkan adalah penyelenggara pemilu. Proses awalnya harus betul-betul bersih dari kecurangan,” pungkas Takwa.


Penulis: Sulaiman Abd Karim
Editor: Mulyadi Abdillah