SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Prediksi Juventus vs Madrid: Bukan Bayangan 10 Bulan Lalu

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Selasa , 03 April 2018 12:00
Prediksi Juventus vs Madrid: Bukan Bayangan 10 Bulan Lalu

Skuad Juventus mengusung keyakinan tinggi bisa membalas dendam kekalahan mereka tahun lalu. (AFP)

RAKYATSULSEL.COM – Sepuluh bulan setelah final Liga Champions 2016-2017 berlalu, dua tim yang bertemu di partai puncak tersebut kembali bersua. Bedanya, kali ini Juventus dan Real Madrid bertemu di perempatfinal. Bedanya lagi, kali ini mereka akan melakoni dua kali pertemuan, home and away.

Sesuai hasil undian, Juventus mendapat kesempatan melakoni laga kandang pertama pada Rabu (4/4) dini hari nanti. Meski berstatus tuan rumah, bukan berarti Juventus bakal mudah meraih hasil maksimal saat menjamu Los Blancos.

Dalam dua laga kandang terahir di Liga Champions, dua kali pula Bianconeri ditahan imbang lawan-lawannya. Pertama ditahan tanpa gol oleh Barcelona di fase grup. Kemudian seri 2-2 saat menjamu Tottenham Hotspur di babak 16 Besar.

Dua lawan terakhir Juventus bisa dibilang punya kemampuan tak jauh beda dengan Madrid yang akan segera mereka hadapi. Artinya, peluang untuk meraih kemenangan tidak akan semudah seperti saat mereka mengalahkan AC Milan di ajang Serie A akhir pekan lalu.

“Kami akan menghadapi tim favorit juara Liga Champions. Ini akan menjadi sebuah malam yang besar bagi kami, dan suporter kami harus bangga akan menghadapi tim yang dua kali tampil di final dalam tiga musim terakhir,” ungkap pelatih Juventus, Massimiliano Allegri di uefa.com.

“Saya telah melihat rekaman laga final di Cardiff beberapa kali. Dan saya rasa kami telah mengalami peningkatan dalam hal mengatasi sejumlah kesulitan dalam pertandingan jika dibandingkan musim lalu,” imbuh Allegri.

Allegri memang patut waspada dengan penampilan Madrid belakangan ini. Meski masih belum mampu mengejar ketingalan poin mereka dari Barcelona di Divisi Primera La Liga musim ini, penampilan Los Blancos di Liga Champions justru sangat tangguh.

Terbukti mereka mampu menyingkirkan Paris Saint-Germain yang lebih difavoritkan di babak 16 Besar. Bahkan Madrid tak memberi kesempatan PSG untuk meraih kemenangan dalam dua pertemuan.

Hanya saja, Madrid punya kelemahan yang mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Tottenham di fase grup. The Spurs mampu menaham imbang Madrid di Santiago Bernabeu lalu menaklukkan mereka ketika bermain di London.

Boleh jadi, Allegri harus mempelajari apa yang membuat Tottenham mampu membuat Madrid tak berdaya dalam dua pertemuan. Sebagai klub yang telah mereka singkirkan, tidak ada salahnya jika Juventus belajar dari Tottenham untuk bisa membuat Madrid gagal melangkah ke fase berikutnya.

Kekalahan 1-4 pada 10 bulan lalu belum tentu bisa menjadi patokan bahwa Madrid bisa mudah mengulang sukses. Waktu hampir satu tahun pasti sudah ada banyak perubahan yang dialami kedua klub. Karena itu, Juventus pantas optimistis bisa mendapatkan hasil positif dalam laga ini.

Pelatih Madrid, Zinedine Zidane pun tak menganggap kemenangan di partai final musim lalu jadi bayangan hasil yang akan didapat dini hari nanti. Bagi Zidane, musim lalu adalah musim lalu. Hari ini pasti berbeda dengan kejadian pada 10 bulan lalu.

“Kami tak akan berpikir tentang apa yang terjadi 10 bulan lalu. Yang dihitung adalah apa yang terjadi besok (nanti malam),” tegas Zidane.

Rekor Pertemuan
Total Pertemuan: 12
Juventus Menang: 6
Madrid Menang: 4
Imbang: 2

Di Kandang Juventus
Total Pertemuan: 6
Juventus Menang: 4
Madrid Menang: 1
Imbang: 1

5 Laga Terakhir Juventus
01/04/18: Juventus 3-1 Milan
18/03/18: SPAL 0-0 Juventus
15/03/18: Juventus 2-0 Atalanta
11/03/18: Juventus 2-0 Udinese
08/03/18: Tottenham 1-2 Juventus

5 Laga Terakhir Real Madrid
31/03/18: Las Palmas 0-3 Real Madrid
19/03/18: Real Madrid 6-3 Girona
10/03/18: Eibar 1-2 Real Madrid
07/03/18: PSG 1-2 Real Madrid
04/03/18: Real Madrid 3-1 Getafe

Perkiraan Susunan Pemain
Juventus: Buffon; De Sciglio, Barzagli, Chiellini, Asamoah; Khedira, Bentancur, Matuidi; Dybala, Higuaín, Douglas Costa
Absen: Benatia, Pjanić (skorsing), Bernardeschi, Mandzukic, Alex Sandro (cedera)
Pelatih: Massimiliano Allegri

Real Madrid: Navas; Carvajal, Ramos, Varane, Marcelo; Casemiro, Kroos, Modrić, Isco; Ronaldo, Benzema
Absen: Nacho (cedera)
Pelatih: Zinedine Zidane

PREDIKSI: JUVENTUS 55%-45% REAL MADRID

(adw/JPC)


div>