SENIN , 20 NOVEMBER 2017

Presiden Ingin Kembangkan Lagi Pemasaran Kopi Toraja ke Luar Negeri

Reporter:

Editor:

Azis Kuba

Jumat , 21 Februari 2014 00:01

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengakui kepopuleran kopi asal Tana Toraja hingga luar negeri. Karena itu, kata dia, melalui Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa berencana mengembangkan perdagangan kopi Toraja ke banyak negara.

“Saya juga mendengar kopi toraja adalah kopi yang dicintai dibanyak wilayah, bukan hanya di Indonesia, tapi juga di dunia. Bersama saya juga ada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian telah membicarakan dengan menteri perdagangan dan menteri-menteri yang lain, bagaimana kopi toraja bisa kita kembangkan lagi, dan bisa kita pasarkan dibanyak negara di dunia ini, ” kata SBY dalam sambutannya saat pemberian gelar adat Toraja dalam acara adat Sanggi di Plaza Kolam Makale, Kamis (20/2/14).

Menurutnya dirinya sudah membicarakan dengan sejumlah menteri berkaitan dengan pengembangan dan ekspor kopi toraja ke luar negeri. Bahkan, kata dia, pemeritah siap memberikan bantuan bila diperlukan.

“Dan kami pemerintah pusat akan mendukung setiap rencana yang baik. Pemerintah pusat akan memberikan bantuan yang diperlukan manakala bantuan itu akan mengubah keadaan ke arah yang lebih baik, ” kata dia.

Kopi toraja sendiri punya dua jenis kopi, yakni kopi arabika dan robusta.


div>