JUMAT , 20 JULI 2018

Presiden Jokowi Resmikan PLTB Sidrap

Reporter:

Al Amin

Editor:

Lukman

Senin , 02 Juli 2018 21:20
Presiden Jokowi Resmikan PLTB Sidrap

Presiden Joko Widodo saat meresmikan PLTB Sidrap.

SIDRAP, RAKYATSULSEL.COM – Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Sulawesi Selatan pukul 07.40 dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin, (2/7).

Seperti disampaikan Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin melalui siaran pers, Presiden tiba di Pangkalan TNi AU Sultan Hasanuddin Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan pukul 10.50 WITA dan disambut Pj Gubernur Sulawesi Selatan Sumarsono.

Presiden dan Iriana langsung melanjutkan perjalanan menuju Kota Parepare dengan menggunakan Helikopter Super Puma TNI AU.

Di Kota Parepare, Presiden akan menyerahkan sertifikat hak atas tanah kepada masyarakat di Lapangan Andi Makasau.

Dari Kota Parepare, Presiden akan menuju Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang (Sidrap), untuk meresmikan dan meninjau pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB) Sidrap dengan kapasitas mencapai 75 MW.

Dalam peresmiannya, Presiden Jokowi meninjau pengoperasian PLTB Sidrap berkapasitas 75 MW tersebut. Selian itu, secara resmi PLTB sidrap pun masuk ke sistem kelistrikan Sulawesi Bagian Selatan pada 4 April 2018 lalu.

Pembangunan pembangkit ini seiring dengan semangat pemerintah untuk meningkatkan porsi Energi Baru Terbarukan (EBT) mencapai 23 persen dari total bauran energi nasional pada 2025.

“Yang pertama negara kukira (PLTB) ini punya potensi yang sangat banyak, tidak hanya memiliki tenaga uap dari batu bara, tapi kita juga memiliki kedepan yang terus kita dorong untuk Energi Baru Terbarukan. Entah itu getermal, baik itu matahari, baik itu angin baik itu air, saya kira itu yang harus kita kembangkan karena potensi itu sangat besar,” kata Jokowi, usai peresmiannya. (*)


div>