SABTU , 17 NOVEMBER 2018

Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Passeloreng

Reporter:

Al Amin

Editor:

Lukman

Selasa , 03 Juli 2018 22:30
Presiden Jokowi Tinjau Bendungan Passeloreng

Presiden Jokowi saat meninjau proyek Bendungan Passeloreng.

WAJO, RAKYATSULSEL.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek Bendungan Passeloreng yang berada di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan, Selasa (3/7).

Bersama Penjabat Gubernur Sulsel Soni Sumarsono dan Bupati Wajo Burhanuddin Unru ikut mendampingi Jokowi meninjau bendungan ini terletak di Desa Arajang Kecamatan Gilireng, Kabupaten Wajo, Provinsi Sulawesi Selatan.

Bendungan ini adalah salah satu dari proyek strategis nasional (PSN) yang diprogramkan pemerintahan Jokowi-JK di Sulsel, dua lainnya Karalloe dan Pamukkulu.

Bendungan ini juga merupakan salah satu dari 49 bendungan baru yang dibangun. Mulai konstruksi pada 23 Juni 2015. Target selesai lebih cepat 4 bulan dari jadwal kontrak pada Juli 2019 menjadi akhir Februari 2019.

“Ini adalah bagian dari program percepatan untuk tata guna air sehingga kita harapkan nanti di 2018 ini ada kurang lebih 5 ribu titik yang berjalan di 2.881 desa,” ujar Presiden selepas peninjauan.

Dengan nilai kontrak pembangunan sebesar Rp701 miliar dan dikerjakan oleh PT Wijaya Karya dan PT Bumi Karsa, bendungan ini diharapkan dapat mengairi irigasi seluas 7.000 hektare.

Bahkan daya tampungnya sebanyak 138 meter kubik, serta air baku 305 liter per detik, selian sebagai konservasi sumber daya air, juga untuk mengurangi banjir di Wajo dan sebagai pengendalian banjir Sungai Gilireng (1.002 m3/detik).

“Saya lihat di sini memang untuk produksi padinya sangat bagus, hamparan sawahnya juga sangat luas,” tuturnya. (*)


div>