SABTU , 18 NOVEMBER 2017

Pria Tak Tamat Sekolah Tulis Alquran Terbesar dan Terpanjang di Dunia

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Kamis , 04 Mei 2017 12:12
Pria Tak Tamat Sekolah Tulis Alquran Terbesar dan Terpanjang di Dunia

Saad Mohammed dan karya mulianya. Foto-foto: Reuters

RAKYATSULSEL.COM, KAIRO – Seorang warga Mesir yang tidak tamat sekolah, Saad Mohammed sedang dalam tugas mulia. Pria yang tinggal di kota Belqina, sekitar 115 km dari ibu kota Kairo itu, menggunakan uangnya sendiri untuk mendanai pembuatan alquran, yang dia percaya akan menjadi terbesar di dunia. Saad telah menghabiskan waktu sekitar tiga tahun untuk menyuratkan ayat-ayat suci itu dengan tangannya sendiri. Alquran tersebut dalam bentuk gulungan, jika dibuka dan diukur memiliki panjang 700 meter, alias dua kali lebih tinggi dari gedung pencakar langit Empire State Building di Manhattan, New York City, yang memiliki tinggi 381 meter.

Saad yakin alquran buatannya akan tercatat di Guinness World Records, yang sejauh ini belum punya catatan resmi alquran terbesar dan terpanjang yang ditulis tangan.

[NEXT-RASUL]

“AlQuran ini memiliki panjang 700 meter, dan tentu saja memerlukan kertas dalam jumlah besar. Saya mendanai sendiri selama tiga tahun terakhir. Saya adalah seorang warga biasa, tidak punya aset atau yang lainnya,” ujar Saad.

Untuk mewujudkan impiannya dan menjadikan karyanya memecahkan rekor, kini dia memerlukan bantuan biaya. “Saya mulai membutuhkan bantuan, mungkin dari pemerintah atau pihak yang berkepentingan lainnya,” tutur Saad. (reuters/bbc/adk/jpnn)

Rekor-rekor lain alquran

Alquran tertua di dunia menurut Guinness World Records adalah Mushaf Usman yang dibuat pada tahun 655 dan dimiliki oleh Khalifah Usman. Kini, 705 halamannya tersimpan di Uzbekistan.

Quran tulisan tangan yang dilaporkan terbesar di dunia diluncurkan di Afghanistan pada 2012. Panjangnya 2,2 meter dengan lebar 1,55 meter dan memiliki 218 halaman, terbungkus dengan sampul kulit dari 21 kambing. Diperlukan waktu lima tahun untuk membuat Quran seberat 500 kg tersebut, tetapi tampaknya belum secara resmi dicatatkan di Guinness Book of Records.

Belum seorang pun mengklaim memiliki alquran paling kecil. Namun pada 2012 seorang warga di Uni Emirat Arab mengaku mempunyai salinan alquran paling kecil dengan panjang hanya 5,1 cm, lebar 8 cm dan terdiri dari 550 halaman[NEXT-RASUL]


div>