KAMIS , 16 AGUSTUS 2018

Pro Kontra Cuti 12 Hari

Reporter:

Al Amin

Editor:

asharabdullah

Selasa , 08 Mei 2018 11:46
Pro Kontra Cuti 12 Hari

Warga Makassar memanfaatkan hari libur terakhir dengan mengunjungi tempat-tempat wisata. Pantai Tanjung Bayang menjadi salah satu pilihan warga (Foto : Dok. Rakyat Sulsel)

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Rencana pemerintah memberikan cuti atau libur Idul Fitri selama 12 hari, mendapat pro kontra di masyarakat. Bagi pekerja atau pegawai, tentu hal ini disambut baik.

Namun berbeda halnya bagi beberapa pengusaha atau pemilik perusahaan. Libur yang cukup panjang ini dianggap bisa mengurangi pendapatan perusahaan.

Penjabat Gubernur Sulsel, Sumarsono, mengatakan, hingga kini Pemprov Sulsel belum menerima salinan keputusan resmi terkait cuti lebaran tahun 2018.

“Saya belum lihat keputusannya, seperti apa. Katanya ada rencana 12 hari, tapi itu banyak pengusaha yang keberatan. Karena ada beberapa industri yang memang yang tidak boleh berhenti,” katanya, akhir pekan lalu.

Meski demikian, libur panjang menurut Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kemendagri ini bisa meningkatkan pendapatan di sektor pariwisata dan transportasi. Selain itu, kondisi lalu lintas akan sedikit lebih lancar dengan waktu mudik yang panjang.

“Kalau liburnya lama, kan masyarakat bisa berwisata atau pulang kampung. Ini tentunya akan meningkatkan pendapatan masyarakat yang bekerja di sektor pariwisata dan transportasi,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sumarsono menyebutkan, persoalan yang tengah diselesaikan pihaknya saat ini adalah masalah pengendalian pangan menjelang Ramadan. Sebab, ada beberapa kebutuhan pokok yang mulai langka dan beberapa lagi harganya mulai naik.

Pemerintah sebelumnya menetapkan cuti bersama ditambah tiga hari pada 11-12, dan 20 Juni. Dengan harapan, bisa mengurai kemacetan pada arus mudik dan balik.

Penetapan ini sudah diformalkan lewat Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri, yakni Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, dan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur. Namun, pemerintah belakangan melakukan evaluasi karena adanya protes dari para pengusaha industri.

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani, mengatakan, sudah mengantongi keputusan final terkait cuti bersama Lebaran 2018. (*)


Tag
  • Cuti 12 Hari
  •  
    div>