SELASA , 11 DESEMBER 2018

Prodi PBA UIN adakan FGD Review Kurikulum

Reporter:

Editor:

Nunu

Kamis , 19 Juli 2018 10:17
Prodi PBA UIN adakan FGD Review Kurikulum

FGD - Pengelola Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar menggelar Focus Group Discussion ( FGD) Review Kurikulum yang berlangsung di Hotel Lariz Alauddin, 18 - 19 Juli, 2018

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Memenuhi tuntutan perkembangan ipteks di era perubahan, menuntut adanya pengembangan wawasan dan bobot kurikulum yang akan dijadikan rujukan dalam pengelolaan program studi, merespon hal tersebut, Pengelola Prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Alauddin Makassar melaksanakan Focus Group Discussion ( FGD) Review Kurikulum yang berlangsung di Hotel Lariz Alauddin yang berlangsung tanggal 18 – 19 Juli 2018, hal ini disampaikan Ketua Prodi PBA PPs UIN Alauddin, Dr. Firdaus, M.Ag yang didampingi Sekretaris Prodi PBA, Dr. Haniah ., M.Ag., saat ditemui di Hotel Lariz Alauddin (18/7).

Firdaus menambahkan bahwa kegiatan yang berlangsung dua hari ini bertujuan meninjau ulang kurikukum yang sudah berjalan selama ini relavansinya dengan perkembangan ipteks dan kebutuhan masyarakat dN merumuskan kurikulum PBS berbasis KKNI dan proses implementasinya.

Direktur PPs UIN Prof. Dr. Sabri Samin, M.Ag., dalam sambutannya mengatakan kegiatan ini bertujuan merespon perkembangan ipteks di era globalisasi yang sangat cepat dengan perubahan termasuk di dunia kerja. Perubahan ini menuntut kompetensi yang tinggi dan relavan termasuk kesiapan perguruan tinggi dalam pengembangan kurikulum. Untuk memenuhi tuntutan tersebut, mau tidak mau kurikulum PBS PPs juga harus dimutakhirkan. terlebih saat ini Prodi PBA sudah berdiri sendiri dalam artian memiiliki manajemen sendiri yang sebelumnya bagian dari progam studi dirasah Islamiyah.
Hal ini mengacu kepada landasan pengembangan kurikulum sebagaimana UU RI no. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, Peraturan Presiden RI Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Permenristekdikti RI Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.

Peserta FGD terdiri atas Dosen PBA PPs UIN Alauddin, stakeholder, Alumni dan mahasiswa S2 dan S3 PPs PBA UIN Alauddin, hal ini disampaikan Sekretaris Prodi, Dr Haniah, M.Ag.

Sementara itu, Nurjannah Abna yang juga peserta FGD mengapresiasi kegiatan ini sebagai upaya penguatan konten kurikulum berbasis KKNI Prodi PBA PPs UIN Alauddin sehingga nantinya lulusan yang dihasilkan siap berkompetisi di era distruption, era perubahan yang menuntut kesiapan kita untuk profesional dalam bidang yang ditekuni.


Tag
div>