SELASA , 24 APRIL 2018

Produk UKM Harus Sesuai Standar Pasar

Reporter:

Armansyah

Editor:

asharabdullah

Kamis , 12 April 2018 10:00
Produk UKM Harus Sesuai Standar Pasar

int

– Diskop Gratiskan Pelatihan Labeling bagi UKM

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Dinas Koperasi dan UKM baik, Pemerintah Kota (Pemkot) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) bekerjasama dengan Japan Internasional Cooperation Agency (JICA) memberikan kesempatan kepada pelaku UKM untuk belajar tentang Labeling Packaging (Label Kemasan).

Pasalnya, meningkatnya persaingan industri pangan saat ini yang tidak bisa lagi terhindari, sehingga para pelaku Usaha Kecil Menegah (UKM) dituntut terus berinovasi agar usahanya tersebut dapat laku di pasaran.

Salah satu faktor yang sangat mempengaruhi agar produk dari pelaku usaha tersebut dapat diterima di pasar selain kualitas produk harus sesuai standar juga bagaimana bentuk kemasan produk tersebut.

Kepala Bidang Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi (Diskop) Kota Makassar, Johansyah, mengakui, pihaknya mencatat dari 17.000 pelaku UKM yang tersebar di Kota Makassar, hanya 10 persen yang telah memiliki labelling packaging dari JICA.

Pemkot Makassar melalui Pemprov Sulsel yang telah bekerjasama dengan JICA memberi peluang kepada seluruh pelaku UKM di Kota Makassar untuk membuat labelling packaging secara gratis.

“Kita punya UKM sebanyak 17 ribu, dan produk yang sudah mendapatkan labelling packaging belum sampai 10 persen. Ini masih sangat rendah dan sedikit sekali yang memanfaatkan kerjasama ini,” ungkapnya.

Rendahnya pelaku UKM membuat labelling packaging yang telah disediakan ini, pertama minimnya informasi yang didapat pelaku usaha, juga masih banyak pelaku usaha berpikir label kemasan yang telah dibuatnya hokinya tinggi.

“Sebenarnya untuk membuat labelling packaging yang bekerjasama pemprov dengan JICA tiga tahun yang lalu, tapi pelaku usaha belum banyak yang mengetahui terkait hal ini,” ucapnya.

Johansyah mengatakan, bagi pelaku usaha yang ingin membuat labelling packaging secara gratis ini, sangat mudah sekali yakni pelaku usaha cukup memiliki desain kemudian disetor ke Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar kemudian direkomendasikan ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulsel.

“Mudah sekali, bagi pelaku usaha yang punya desain label, silahkan saja informasikan kepada teman-teman Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar, bawa saja itu desain labelnya nanti kami rekomendasikan untuk dibawa ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi untuk dibuatkan label yang lebih mantap dan itu gratis,” jelasnya.

Johansyah mengaku, labelling packaging sangat dibutuhkan bagi pelaku UKM untuk meningkatkan nilai ekonomis suatu produk.

“Nanti pelaku usaha yang punya desain akan dibuatkan label kemasan secara informatif dan juga label kemasan ini sangat membantu pelaku UKM untuk meningkatkan nilai ekonomis produk usahanya,” ujar Johansyah. (*)


div>