SENIN , 19 NOVEMBER 2018

Prof Andi Mustari Pide Berpulang, di Padang Dia Tokoh Bugis yang Disenangi

Reporter:

Editor:

asharabdullah

Senin , 13 Agustus 2018 23:36
Prof Andi Mustari Pide Berpulang, di Padang Dia Tokoh Bugis yang Disenangi

Prof Andi Mustari Pide

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Innalillahi Wainnailaihi Rajiun. Rektor Universitas Eka Sakti Padang (UNES) Sumatera Barat, Prof Dr H Andi Mustari Pide, SH (71) meninggal dunia, Senin (13/8/2018) dini hari pukul 01.00 Wita di Kota Padang.

Jenazah pria kelahiran Batu-batu, Kecamatan Marioriwawo, Soppeng yang kini berdomisili di Kota Padang itu akan dipulangkan ke Makassar lalu dimakamkan di Soppeng, tanah kelahirannya.

“Sementara jenazah dalam perjalanan ke sini. Keluarga telah mengurusnya,” kata
Anak kedua almarhum, yakni Prof DR A Hj.Suriyaman.M.Pide,SH.MH, kepada fajaronline, Senin 14 Agustus 2018.

Seperti diketahui, Prof Andi Mustari adalah tokoh adat yg berhasil mendirikan universitas di Tanah rantau Kota Padang. Di kota itu, ia sangat ditokohkan masyarakat Padang. Ia sempat mendapat gelar Datuk Rajo Nan Sakti(Tanah Minang), Mangaraja Tuongku Mulasontang Siregar(Batak) dan Ketua Forum Pembaruan Kebangsaan Seluruh Etnis Sumatera Barat (Sumbar).

Sosoknya yang sangat dikenal peduli dalam mempertahankan nilai adat dan kebudayaan, Hal itu dibuktikan dengan mendirikan rumah adat Sao Mario di Batu-batu, Kecamatan Marioriwawo, Kabupaten Soppeng.

Prof DR A Hj Suriyaman.M.Pide,SH.MH adalah anak kedua almahum yang tercatat sebagai guru besar di Fakultas Hukum Unhas. “Beliau adalah sosok dermawan, sederhana, dan arif. Dia pemimpin yang sangat bijaksana.
Sering menolong orang lain,” kata Suriyaman.

Lebih lanjut dia pun mengungkapkan, ayah tercinta selalu berpesan jika ada orang Bugis – Makassar datang ke Minang harap ketemu saya. Tak salah banyak Anak rantau orang Bugis diberikan fasilitas kuliah gratis oleh beliau. (tsd/fo)


div>