SENIN , 10 DESEMBER 2018

Prof NA Bertekad Minimalisir Tingkat Pengangguran Alumni PT

Reporter:

Al Amin Malliuri

Editor:

Iskanto

Senin , 22 Oktober 2018 09:30
Prof NA Bertekad Minimalisir Tingkat Pengangguran Alumni PT

ilustrasi

MAKASSAR, RAKYATSULSEL.COM – Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah (NA) bertekat akan meminimalisir tingkat pengangguran alumni Perguruan Tinggi (PT). Kata dia, hal itu menjadi sebuah tantangan yang sangat mudah, jika bisa terjalin sinergitas antara pemerintah dan PT itu sendiri.

Hal itu diungkapkan NA saat memberikan orasi ilmiah pada Rapat Senat Terbuka Buka Luar Biasa dalam rangka Dies Natalis dan Wisuda XXXI Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP), di Ballroom Anging Mammiri Hotel Dalton, Makassar, Sabtu (20/10). Sebanyak 980 wisudawan/wisudawati.

Dalam sambutannya NA mengungkapkan jika dalam peluang kerja, yang harus diperhatikan adalah bagaimana dapat memiliki nilai tawar yang tinggi. Para alumni akan memperkuat jajaran lembaga pemerintah, non-pemerintah dan juga dunia usaha.

Selain mencari pekerjaan, NA berharap mereka juga bisa menciptakan lapangan pekerjaan. Demikian juga dengan sinergi antara pemerintah, dunia usaha dan dunia pendidikan dapat berjalan dengan baik.

Selain itu, harap NA, lembaga pendidikan dalam hal ini kampus serta pemerintah, dapat menyediakan dan mencari serta menfasilitasi para alumni untuk mendapatkan pekerjaan.

“Yang punya tanggungjawab untuk mendapatkan pekerjaan anak-anak kita adalah universitas tempat mereka belajar. Selama mereka belum dapat pekerjaan, mereka diberikan tanggungan oleh universitas dan mereka bekerja di laboratorium,” paparnya.

Hal ini yang coba akan diterapkan ke depan, bagaimana bersinergi menyusun program. Bagaimana sebelum mereka wisuda sudah mendapatkan pekerjaan.

“Ke depan Politeknik ini harus memikirkan keluaran yang dibutuhkan dunia kerja. Jadi memang harus menjalin kerjasama dengan berbagai industri baik lembaga pemerintah dan non-pemerintah,” ujarnya.

NA mengakhiri orasinya dengan meminta kepada pimpinan PNUP agar dibuatkan sebuah sistem, dimana sebelum enam bulan sebelum di wisuda, para calon wisudawan sudah tampil di web bursa tenaga kerja lengkap dengan kompetensi mereka.

Sementara itu, Ketua Umum IKA Poltek Ujung Pandang, Abdillah Natsir, berharap alumni perguruan tinggi dapat diterima di dunia kerja, serta keahlian mereka dapat dimanfaatkan oleh dunia kerja. (*)


div>